Sapu Bersih Pungutan Liar, Buleleng Lantik Tim Saber Pungli - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

1/30/17

Sapu Bersih Pungutan Liar, Buleleng Lantik Tim Saber Pungli


Buleleng, Dewata News.com — Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Buleleng, Ir. I Made Gunaja, M.Si melantik dan mengukuhkan Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Buleleng Tahun 2017 di Lobi Atiti Wisma Kantor Bupati Buleleng, Senen  (30/01).
 
Pengurus dan anggota Tim Saber Pungli yang dikoordinir oleh Inspektur Inspektorat Kabupaten Buleleng, I Putu Yasa, SH, MM ini terdiri dari banyak unsur, yakni perwakilan dari Polres, Kejaksaan, Pemda dan Inspektorat.
 
Inspektur pada Inspektorat Kabupaten Buleleng, I Putu Yasa mengungkapkan tahap awal dari pergerakan Tim Saber Pungli yang dikoordinir ini, adalah merapatkan barisan untuk  mencegah dan mengatasi Pungli. Pihaknya akan mengadakan rapat dengan instansi terkait dalam Satgas Saber Pungli ini. Dalam rapat tersebut akan disusun agenda kegiatan yang segera dilakukan oleh Satgas Saber Pungli.
 
“Kami akan adakan rapat dulu. Setelah itu akan disusun agenda kerja dari Satgas Saber Pungli,” ungkapnya.
 
Putu yasa menambahkan Tim Satgas Saber Pungli ini akan dibagi menjadi beberapa kelompok kerja (Pokja) yang akan bekerja mengawasi dan menindak terjadinya pungli. Setelah rapat umum dilakukan, pokja–pokja ini akan menentukan Tim seperti Tim Pembinaan dan Tim Pengawasan. Tim Pembinaan dan Pengawasan bekerja pada setiap satuan kerja yang ada. Jika nantinya ditemukan kegiatan yang mengarah pada pungli, maka hal tersebut akan ditindak sesuai dengan petunjuk teknis (Juknis) yang ada.
 
“Nanti Pokja yang akan bekerja. Tim Pembinaan dan Pengawasan akan bekerja terlebih dahulu sebelum ada kegiatan yang mengarah pada pungutan liar. Hal tersebut akan ditindak sesuai dengan juknis yang ada.” Jelas Putu Yasa.
 
Ia menilai, hampir seluruh satuan kerja khususnya pada pelayanan–pelayanan kepada masyarakat rawan terhadap pungutan liar. Tim Satgas Saber Pungli mencoba memberikan pembinaan dan pengawasan terlebih dahulu. Pembinaan dan pengawasan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya pungutan liar. “Mudah–mudahan di Buleleng tidak terjadi hal–hal yang tidak diinginkan,” imbuhnya.
 
Sementara itu, Plt.Bupati Made Gunaja berharap, dengan adanya Tim Satgas Saber Pungli ini, penyelenggaraan pemerintah di Kabupaten Buleleng menjadi benar-benar bersih, ”clean governance dan good governance”.
 
Menurutnya, banyak dampak yang akan terjadi jika pungli ini terjadi. “Mudah-mudahan Tim Satgas Saber Pungli ini mengedepankan pencegahan-pencegahan dan sosialisasi-sosialisasi. Hal tersebut harus dilakukan guna mencegah adanya pungli di Kabupaten Buleleng,” kata Gunaja.
 (DN ~  TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com