Bupati Suwirta Hadiri Karya Ngenteg Linggih Pura Dadya Arya Dalem Pering

Klungkung, Dewata News. Com -  Serangkaian telah rampungnya pembangunan pelinggih di Pura Dadya Arya Dalem Pering,  krama pengempon pur...


Klungkung, Dewata News. Com - Serangkaian telah rampungnya pembangunan pelinggih di Pura Dadya Arya Dalem Pering,  krama pengempon pura melaksanakan Karya Mamungkah Ngenteg Linggih dan mendem pedagingan di pura setempat. Pada kesempatan ini kamis (5/1)  Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta beserta Ny. Ayu Suwirta hadir memenuhi undangan krama Dadya Arya Dalem Pering Banjar Batur Desa Kusamba Kecamatan Dawan.

Pemucuk Karya I Nengah Sujana menuturkan, sebelum dilaksanakan karya agung ini, pengempon pura terlebih dahulu melakukan pembangunan pelinggih di pura setempat,  lalu melalui musyawarah dan kesepakatan seluruh pengempon pura, warga sepakat untuk melaksanakan karya. 

Pura Dadya Arya Dalem Pering Banjar Batur Desa Kusamba di empon krama sebanyak 42 KK, yang masing masing menyumbangkan uang sebesar Rp 5 Juta, total dana yang dihabiskan untuk melaksanakan upacara agung ini kurang lebih sebesar Rp. 200 juta. 

Puncak karya yang dilaksanakan tanggal 4 Januari 2016 bertepatan dengan Buda Wage Klawu. Lebih lanjut Nengah Sujana  menjelaskan, prosesi upacara telah dimulai sejak bulan Nopember lalu dengan upacara matur piuning dan nancep taring. Selanjutnya prosesi upacara dilanjutkan dengan upacara memasar dan mendak sebelum puncak karya.

Nengah Sujana juga mengatakan tujuan dilaksanakan karya tersebut untuk menyucikan pelinggih dan ngerastitiang jagat sehingga ketentraman dan kerahayuan masyarakat yang berlandaskan konsep Tri Hita Karana tetap terjaga.

Pada Kesempatan tersebutBupati Suwirta menyempatkan diri bertatap muka dan berbincang bincang dengan para pengempon pura. Bupati Suwirta juga menyerahkan punia yang diterima Pamucuk karya I Nengah Sujana. Bupati Suwirta berpesan hendaknya dalam melakukan persiapan upacara suci ini didasari dengan tulus iklas dan semangat menyama braya. 

"Dengan momen upacara karya ini diharapkan seluruh pengempon pura akan semakin menumbuhkan rasa kekeluargaan dan persatuan para pengempon pura." imbuh Bupati Suwirta.
Sebelumnya dihari yang sama Bupati Suwirta juga menyempatkan hadir di Pura Paibon Pasek Batuan, Desa Aan Kecamatan Banjarangkan guna menghadiri upacara Karya Mamungkah Mupuk Pedagingan lan Ngenteg Linggih

Berita Terkait

Kabar Klungkung 7424581279876440740

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item