Wujudkan Smart City, Pemkab Buleleng Gandeng Pemkot Bandung

Bandung, Dewata News.com — Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng menjalin kerjasama den...


Bandung, Dewata News.com — Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Kerjasama ini merupakan Kerjasama Antar Daerah (KSAD) di berbagai bidang, salah satunya adalah pembangunan dalam bidang smart city.
 
Hal tersebut terungkap saat rombongan Pemkab Buleleng diterima oleh Asisten Bidang Pemerintahan Sekretaris Kota (Sekkot) Bandung, Drs. Priana Wirasaputra, MM di Ruang Rapat Asisten Administrasi Perekonomian Sekkot Bandung, Selasa (20/12).
 
Sedangkan rombongan dari Pemkab Buleleng  dipimpin oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik, Drs. Dewa Ketut Manuaba. Rombongan terdiri dari instansi terkait, seperti Dinas Kominfo, Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian, Bagian Pemerintahan, BPKAD, serta Bagian Humas dan Protokol.
 
Pertemuan ini adalah pertemuan untuk membahas jalinan kerjasama antar daerah antara Pemkab Buleleng dan Pemkot Bandung, sekaligus untuk mempererat hubungan kedua daerah.
 
Selain itu, menurut Dewa Ketut Manuaba, kerjasama ini dimaksudkan untuk alih pengetahuan (transfer knowledge) dan pengalaman best practices antar aparatur pemerintahan (city sharing). Keterpaduan pembangunan antar kawasan, mewujudkan efisiensi, efektivitas, serta sinergitas dalam pembangunan dan penyediaan pelayanan umum kepada masyarakat.
 
 “ Pengoptimalan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing daerah guna mendukung pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan menjadi maksud dari kerja sama ini,” ucap Dewa Ketut Manuaba.
 
Menurutnya, kerjasama ini juga bertujuan untuk percepatan pembangunan daerah. Peningkatan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya kedua daerah menjadi tujuan utama.
 
Ruang lingkup kerjasama ini antara lain pengembangan smart city dan e-government, pengembangan ekonomi kreatif, koperasi dan ukm, pengembangan SDM, perencanaan daerah, kebudayaan dan pariwisata, promosi dan pengembangan industry, perdagangan, investasi, lingkungan hidup, kebersihan, serta pertamanan. “Kesejahteraan masyarakat menjadi tujuan utama dari kerjasama antar daerah ini,” imbuh Dewa Ketut Manuaba.
 
Pada kesempatan ini, rombongan Pemkab Buleleng juga diajak berkeliling di command center Pemkot Bandung. Dari command center Pemkot Bandung bisa mengetahui langsung permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Smart City merupakan salah satu kerjasama dengan Pemkot Bandung. (DN ~ TiR).

Berita Terkait

Kabar Buleleng 8249508552848079039

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item