Satu Satunya Di Bali, Bupati klungkung Resmikan Rumah Kreatif BUMN Desa Kamasan

Klungkung, Dewata News. Com -  Bupati Suwirta meresmikan Rumah Kreatif BUMN di Br. Sangging Desa Kamasan Jumat (30/12). Rumah Kreatif B...


Klungkung, Dewata News. Com - Bupati Suwirta meresmikan Rumah Kreatif BUMN di Br. Sangging Desa Kamasan Jumat (30/12). Rumah Kreatif BUMN di Desa kamasan ini merupakan satu satunya rumah kreatif yang didirikan  di Bali oleh Kementerian BUMN, yang membawahi Pertamina, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama 6 BUMN lainnya yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN dan PLN. 

Peresmian dilakukan dengan pengguntingan pita di pintu masuh rumah kreatif yang didalamnya dipamerkan berbagai hasil produk UMKM asli Desa Kamasan.   

Senior Analisis Planing CSRSME Partnership Program Pertamina, Priyo mengatakan Rumah Kreatif BUMN merupakan program yang dicanangkan Kementerian BUMN sebagai wadah bimbingan dan pelatihan para enterpreneur dalam mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Program ini membantu para pelaku bisnis, cara meningkatkan kualitas standarisasi produk dan pemanfaatan digital dalam pengembangan usaha seperti memanfaatkan situs e-commerce sebagai etalase online produk-produk UMKM.

Melalui Rumah Kreatif BUMN, para pelaku usaha di Kabupaten Klungkung akan memiliki kemampuan dan kesempatan untuk memasarkan produk-produk UMKM mereka ke pasar global dengan tanpa batas, sehingga dapat mendorong tumbuhnya perekonomian melalui sektor UMKM seiring dengan tumbuhnya pemanfaatan ICT oleh masyarakat.
Kementerian BUMN mencanangkan untuk menyediakan Rumah Kreatif BUMN di 514 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. 


Hingga akhir 2016, Telkom beserta 6 BUMN lainnya akan menyelesaikan 100 unit, termasuk 1 unit di Bali yaitu di Desa Kamasan Kabupaten Klungkung yang telah diresmikan dan siap dioperasikan.

Bupati Suwirta dalam kesempatannya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak utamanya Kementerian BUMN dan Pertamina karena memilih Kabupaten klungkung sebagai tempat pendirian Rumah Kreatif di Bali. Bupati Suwirta yakin desa Kamasan dipilih karena memiliki potensi. Dengan hadirnya rumah kreatif ini, desa Kamasan yang dicanangkan sebagai Desa Wisata akan semakin lengkap dan segera beroperasional di tahun 2017.  

“Untuk seluruh komponen masyarakat desa Kamasan mari kita mulai bergerak, siapkan segala sarana penujang Desa wisata disamping yang telah disiapkan oleh Pemkab Klungkung, dengan hadirnya rumah kreatif semoga akan semakin menggairahhkan para pengerajin setempat,” ujar Bupati Suwirta.  

Untuk mendukung beroperasinya Desa Wisata Kamasan berbagai upaya telah dilakukan Pemkab, diantaranya pembangunan gapura, pengaspalan jalan jalan desa kamasan, penempatan petugas kebersihan serta pendataan UMKM. 

“kita akan segera lakukan sosialisasi Desa Wisata kepada masyarakat, saya ingin ini bukan hanya sekedar wacana namun Desa Wisata Kamasan benar benar terwujud,” ujar Bupati Suwirta optimis.

Berita Terkait

Kabar Klungkung 3372915569479346749

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Pemprov Bali

Pemprov Bali

Advertorial

Advertorial

Pemprov Bali

YURA Shop

Populer

item