Peringati HARKANNAS, Bupati Suwirta Pastikan Para Nelayan Akan Dilindungi Asuransi - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

12/4/16

Peringati HARKANNAS, Bupati Suwirta Pastikan Para Nelayan Akan Dilindungi Asuransi


Klungkung, Dewata News. Com - Para nelayan akan secepatnya mendapat perlindungan asuransi, paling lambat tanggal 7 Desember ini, seluruh data para nelayan akan didaftarkan untuk memperoleh asuransi BPJS yang akan ditanggung pemerintah daerah. Demikian disampaikan Bupati Klungkung I  Nyoman Suwirta ketika membuka peringatan Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) ke-3  dan aksi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) Sabtu (3/12). 

Selain itu para nelayan juga didorong lebih variatif dalam menangkap ikan. Selain ikan tongkol yang menjadi kegemaran, masih banyak jenis ikan lain yang bisa ditangkap dan diolah untuk dikonsumsi. “ Jangan hanya berburu ikan tongkol, nelayan mestinya juga menangkap ikan yang lain seperti ikan cumi, jangki kakap merah dan yang lainnya sehingga ada variasi menu olahan ikan,” ujar Bupati Suwirta.  Dan jika warga desa Kusamba atau siapa saja mampu membuat olahan ikan yang lebih variatif dan enak dirinya berjanji akan membantu mempromosikan.

Bertempat di halaman parkir sentra pemindangan Kusamba, Bupati Suwirta juga menyarankan Kepada Dinas Perternakan Perikanan dan Kelautan (PPK) supaya aksi Gemarikan yang akan datang menyasar masyarakat yang jauh dari area pantai atau laut. Menurutnya, akan lebih tepat sasaran jika aksi Gemarikan dilaksakan di desa - desa yang jauh dari pantai atau laut. “ Lain kali aksi Gemarikan supaya digelar diwilayah yang jauh dari laut atau pantai, karena akan jarang menemukan ikan laut, berbeda dengan warga desa Kusamba yang posisinya dekat laut apalagi ada pusat pemindangan sudah pasti warganya sering mengkonsumsi ikan,” ujar Bupati Suwirta.

Sementara itu Ketua Forikan Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta dalam laporannya mengatakan, aksi Gemarikan ini merupakan penjabaran dari program aksi GEMA SANTI Pemkab Klungkung yang bertujuan untuk membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengknsumsi ikan. Mengingat ikan merupakan bahan pangan yang mudah didapat, bernilai gizi tinggi karena mengandung omega 3 yang berguna meningkatkan kecerdasan otak serta non kolesterol.

Dalam mendukung program aksi GEMA SANTI, Forikan Kabupaten klungkung bersama dinas PPK juga telah melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya ; Lomba UKM Pengolahan hasil Perikanan terbaik tingkat Provinsi, Lomba Inovasi Cipta Menu Olahan Hasil Perikanan tingkat Provinsi, Lomba masak serba Ikan tingkat Provinsi dan pelaksanaan Aksi Gemarikan.

Peringatan HARKANNAS ke-3 dan aksi Gemarikan kali ini juga diisi dengan demo masak ikan oleh dua orang siswa SMK Pariwisata, Pelatihan Pengolahan Hasil Kelautan , aksi bakar ikan oleh puluhan siswa SD Negeri  1,2,3 dan 4 Kusamba dan diakhiri dengan makan ikan bersama seluruh undangan yang terdiri dari Sekda Gede Putu Winastra para Asisten, SKPD terkait, unsur Tripika Kecamatan Dawan serta, para kelompok nelayan dan Kelompok pengolahan ikan sert para puluhan siswa SD dan guru. (DN - HuM)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com