Kelola Keuangan Tepat Sasaran, Buleleng Raih Anugerah Dana Rakca Tahun 2016

Jakarta, Dewata News. Com —  Setelah meraih penghargaan dalam bidang Mitigasi Perubahan Iklim dari Kementrian Lingkungan Hidup, kali i...


Jakarta, Dewata News. Com —  Setelah meraih penghargaan dalam bidang Mitigasi Perubahan Iklim dari Kementrian Lingkungan Hidup, kali ini Buleleng meraih Anugerah Dana Rakca tahun 2016 dari Kementrian Keuangan. Penganugerahan diserahkan langsung oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo yang diterima oleh Plt. Bupati Buleleng, Ir. I Made Gunaja, M.Si di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/12).

Penyerahan Anugerah ini dirangkaikan dengan Penyerahan DIPA dan Dana Transfer ke Daerah serta Dana Desa Tahun 2017.

Anugerah Dana Rakca adalah penganugerahan yang diberikan oleh Kementrian Keuangan kepada Kabupaten Buleleng, karena selama duet kepemimpinan Bupati Putu Agus Suradnyana-Wakil Bupati Nyoman Sutjidra,  Pemkab  Buleleng dinilai telah berkinerja baik dan telah berhasil mengelola keuamgan dengan baik yang dibuktikan dengann telah diraihnya dua kali opini WTP secara berturut-turut. 

Dalam Anugerah Dana Rakca tahun 2016 ini, ada sebanyak 36 daerah, baik itu provinsi dan kabupaten/kota yang meraih penganugrahan.  Sementara di Provinsi Bali,  hanya dua Kabupaten yaitu Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Jembrana.

Plt Bupati Ir. I Wayan Gunaja,  M. Si saat ditemui usai penyerahan anugerah mengapresiasi kinerja SKPD dalam mengelola dana perimbangan dari Pemerintah Pusat dengan tepat sasaran. 

Dirinya pun berjanji dalam waktu 3 bulan menjabat sebagai Pelaksana Tugas Bupati Buleleng akan melanjutkan kinerja positif yang sudah ditorehkan Bupati Putu Agus Suradnyana dan Wakil Bupati Nyoman Sutjidra.

"Penghargaan ini merupakan prestasi yang membanggakan, karena Pemkab Buleleng telah mengelola dengan baik keuangan yang berasal dari dana perimbangan pusat. Dengan penghargaan ini kita diganjar dengan dana tambahan dari insentif sebesar Rp65 miliar pada tahun 2017 yang akan kita gunakan untuk pembangunan di Buleleng, seperti pembangunan infrastruktur dan kesejahteraan rakyat," ungkapnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Ir. Dewa Ketut Puspaka.MP yang mendampingi Plt Bupati Gunaja saat menerima penghargaan, mengatakan, selain pengelolaan keuangan, penghargaan ini diberikan karena Pemkab Buleleng berkinerja sangat baik. Selain itu, pelayanan kepada publik juga diakui sudah bagus.

"Kinerja kita juga sudah dinilai bagus. Pelayanan kepada publik juga diapresiasi dengan penghargaan ini. Selamat kepada jajaran di Pemkab Buleleng. Selamat kepada masyarakat Buleleng," ucapnya.

Dirinya menambahkan kinerja dan pelayanan kepada publik yang baik menandakan seluruh jajaran bekerja. Menurutnya, kinerja adalah kinestetik, energi dan kerja. Kinestetik adalah bergerak. Energi artinya kekuatan dan bekerja.

"Saya juga berharap kepada semua jajaran di Pemkab Buleleng untuk terus mempertahankan kinerja dan bisa meningkatkan lagi bekerja untuk masyarakat Buleleng," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, SH mengapresiasi kinerja Pemkab Buleleng beserta jajarannya. Menurutnya, selama 4 tahun pemerintahan Putu Agus Suradnyana dan Sutjidra, Buleleng sudah banyak menuai prestasi.

Ketua Dewan asal Tejakula yang akrab disapa Supit ini menmabahkan, penghargaan anugerah dana rakca bagi sebuah pemerintahan adalah sebagai penghargaan an paling bergengsi dan yang paling diharapkan.

"Penghargaan ini adalah sebuah bukti dan pengakuan kepada sebuah pemerintahan dalam pengelolaan keuangan, dimana mengandung makna bahwa pemerintahan tersebut pengelolaan keuangannya bisa dipertanggungjawabkan dan transparan serta dari sisi administrasi pemerintahan aparatur pemerintahannya sudah benar-benar cakap dan dapat dipercaya menjalankan pemerintahan yang bersih," jelas Supriatna.  (DN ~ TiR)

Berita Terkait

Kabar Buleleng 1216567671057909517

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Pemprov Bali

Pemprov Bali

Advertorial

Advertorial

Pemprov Bali

YURA Shop

Populer

item