Gugah Kepedulian Masyarakat, Sudikerta Terjun Langsung Bangun Bedah Rumah

Tabanan, Dewata News. Com.-  Keseriusan Pemprov Bali dalam menanggulangi kemiskinan di Bali sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal tersebu...


Tabanan, Dewata News. Com.- Keseriusan Pemprov Bali dalam menanggulangi kemiskinan di Bali sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal tersebut ditunjukkan oleh Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta yang terjun langsung menjadi ‘pekerja’bangunan membangun bedah rumah bagi I Nyoman Sugandi salah satu KK miskin di Banjar Gelogor, Desa Bantas, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan, Jumat (2/12).

Menurutnya keikut sertaanya dalam proses pengerjaan bedah rumah tersebut bertujuan untuk menggugah kesadaran dan kepedulian para tetanga maupun kerabat penerima bedah rumah untuk turut serta membantu meringankan beban dari keluarga Nyoman Sugandi. “Membantu itu tidak hanya dengan uang, bisa juga dengan tenaga maupun dukungan sarana prasarana lainnya sehingga para KK miskin tersebut bisa segera keluar dari kemiskinannya tersebut,” jelas Sudikerta yang menurutnya jika semua dukungan dari masyarakat tersebut dapat dilaksanakan secara massiv dan berkelanjutan, upaya percepatan penanggulangan kemiskinan akan sangat mudah dicapai. 

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk kembali menumbuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap sesama dan juga menumbuhkan kembali semangat gotong royong dalam membantu masyarakat miskin agar mereka juga memiliki kehidupan yang layak dan sejahtera. 

Secara khusus Sudikerta juga menyarankan cara sederhana dalam menyiasati kebutuhan ekonomi yang terus mendesak, yakni dengan cara memelihara ternak yang memiliki waktu pelihara relatif singkat seperti ayam, itik, atau babi, sehingga cepat bisa dijual untuk menambah penghasilan. Disamping juga langsung bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehar-hari, seperti ternak ayam, telornya sebagian bisa dijual, dan sebagian bisa untuk dikonsumsi sebagai lauk, sehingga tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli lauk. 

“Pengentasan kemiskinan selain didukung melalui program bedahrumah, juga harus dibantu dari sisi penguatan ekonomi kerakyatan, ini nanti bisa dimanfaatkan untuk membeli ternak seperti ayam yang nanti bertelor, sebagian bisa dijual, sebagian bisa digoreng untuk dikonsumsi,” imbuh Sudikerta.

Sementara itu penerima bantuan bedah rumah, I Nyoman Sugandi yang hidup bersama istrinya Wayan Sukanasih dan anak keduanya yang mengalami disabilitas yang bernama Made Listyayanti, sementara anak pertamanya Wayan Antari sudah menikah ke Singaraja. 

Sehari-hari Sugandi menggantungkan hidup dengan bekerja sebagai petani ataupun buruh serabutan dengan penghasilan tidak menentu sehingga menyebabkan mereka kesusahan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Bantuan bedah rumah membuat pasangan suami istri tersebut mengaku sangat bahagia karena harapannya memiliki rumah layak huni dapat tercapai, ia juga berharap program bedah rumah dapat terus dilaksanakan Pemprov Bali. 

Sugandi juga mengaku menjadi ebih bersemangat bekerja lebih keras lagi untuk mampu mengubah jalan hidupnya dan bisa keluar dari kemiskinan.

Bantuan bedah rumah yang diserahkan kala itu merupakan bantuan CSR dari Industry Primer kayu dibawah naungan Dinas Kehutanan Provinsi Bali senilai 30 juta. Selain bantuan bedah rumah juga dilakukan penyerahan bantuan penguatan ekonomi berupa uang tunai dan juga sepasang indukan ayam. 

Usai melakukan penyerahan bantuan bedah rumah tersebut, Wagub Sudiketa kemudian melakukan simakram dengan masyarakat Desa bantas di Balai Banjar Mambang Tengah, Desa Bantas, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan terkait program program Bali Mandara. Sudikerta yang dala kesempatan tersebut turut didampingi oleh Kepala Dinas PU Nyoman Astawa Riadi, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Ketut Wija beserta Kepala Dinas Sosial I Nyoman Wenten juga melakukan persembahyangan bersama di Pura Dalem Desa Pakraman Dukuh, Desa Tiyinggading, Kecamatan Selemadeg Barat, Tabanan. Persembahyangan dilakukan sebagai rangkaian pelaksanaan Karya Caru Panca Sanak Agung, Pedudusan Agung, Mlaspas dan ngenteg Linggih serta Mupuk Pedagingan di pura tersebut. (DN - IrP)

Berita Terkait

Breaking News 4897115469250274352

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Pemerintah Provinsi Bali

Pemerintah Provinsi Bali

Event Partner

Event Partner

Pesta Kesenian Bali XXXIX

YURA Shop

Populer

item