Gubernur Pastika Tekankan Kesetaraan Gender bagi Peran Perempuan dalam Pembangunan

Denpasar, Dewata News. Com -  Perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang sadar dan memahami akan hak dan kewajiban yang sama d...


Denpasar, Dewata News. Com - Perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang sadar dan memahami akan hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki. Prinsip kesetaraan gender harus menjadi dasar pentingnya pembagian tugas, peran dan tanggung jawab yang seimbang antara perempuan dan laki laki yang dimulai dari lingkup keluarga, masyarakat bahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.  Seluruh pemangku kepentingan juga diharapkan untuk memberikan perhatian, pengakuan dan dukungan akan pentingnya eksistensi dan peran perempuan dalam berbagai sektor pembangunan. 

Demikian disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika dalam sambutannya dalam  Peringatan Hari Ibu ke 88 Tingkat Provinsi Bali Tahun 2016 yang dirangkaikan dengan pembukaan Seminar tentang penghapusan kekerasan pada perempuan dan anak, di Gedung Wiswasabha Utama , Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Rabu (21/12). 

Lebih jauh Gubernur Pastika menyampaikan, momentum peringatan Hari Ibu diharapkan  dapat memberi pengaruh positif sekaligus menumbuhkan keyakinan bahwa perempuan mampu mengembangkan segala potensi dan kemampuan yang dimilikinya. 

“Hari ini kita peringati Hari Ibu, saya harapkan akan  menjadi momentum tumbuhnya  keyakinan  bahwa perempuan jika diberi peluang  dan kesempatan akan mampu meningkatkan kualitas diri. Sudah terbukti dalam berbagai dimensi kehidupan  berbangsa dan bernegara, perempuan mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan. Perempuan dan laki laki adalah partnership  yang merupakan sumber daya insani yang menentukan keberhasilan pembangunan nasional, “ imbuhnya. 

Dalam peringatan yang mengangkat tema “ Kesetaran Perempuan dan Laki-laki, untuk mewujudkan Indonesia yang bebas dari kekerasan terhadap perempuan dan anak, perdagangan orang dan kesenjangan akses ekonomi terhadap perempuan”  ini, Pastika juga menyampaikan harapannya agar kaum ibu dan perempuan dapat meningkatkan eksistensi dan sumbangsihnya dalam kehidupan melaui peningkatan pemahaman dan pelaksanaan fungsi utama dalam keluarga dan fungsi sosial dalam hidup masyarakat. Fungsi utama ibu sebgaai pendamping suami, pendidik anak- anak serta pilar utama membangun keluarga sejahtera hendaknya dikembangkan sejalan dengan fungsi sosial mengabdi kepada masyarkat. 

Orang nomor satu di Bali ini juga berpesan kepada semua organisasi perempuan di Bali sebagai wadah berhimpunnya kaum ibu dan kaum perempuan baik itu Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita dan organisasi sosial kemasyarkatan agar terus meningkatkan kuantitas dan kualitas program dan kegiatan, mengingat tantangan sosial kemasyarkatan yang semakin kompleks. Terkait pelaksanaan Seminar yang mengangkat tema “ Penghapusan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak, untuk mewujudkan masyarkat yang berkeadilan dan bermartabat”, Pastika menyampaikan apresiasinya dan berharap  dapat membangun kesadaran untuk kita semua unutk turut mengambil langkah dan tindakan dalam melindungi perempuan dan anak dari berbagai bentuk kekerasan. 

“Mari Kita lindungi keluarga dari segala bentuk kekerasan, kita wujudkan anak anak yang berkualitas dari keluarga dan bersama sama kita melindungi dan membangun masyarakat sekitar kita,“ pungkasnya. 

Dalam peringatan Hari Ibu yang juga dihadiri oleh Ketua DPRD Provinsi Bali Nyoman Adi Wiryatama , Ketua TP PKK Provinsi  Bali Ny. Ayu Pastika,  Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta,  Wakil Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Dayu Sudikerta,  Anggota Forum Koordiansi Pimpinan Daerah Provinsi Bali, Pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali serta undangan lainnya juga dilakukan penyerahan penghargaan berupa piala kepada para juara Penanggulangan Terpadu Paripurna (PKTP) YKI Cabang Bali yang dimenangkan oleh SDN 3 Busungbiu Kabupaten Buleleng pada tingkat Sekolah Dasar, untuk tingkat SMP dan SMA/SMK  dimenangkan oleh SMPN 1 Banjarangkan dan SMKN 2 Denpasar. 

Diserahkan pula piala kepada Yayasan Kanker Indonesia  (YKI) Cabang Badung sebagai pemenang pertama lomba PKTP YKI Cabang Bali oleh Pastika.

Berita Terkait

Breaking News 4772706278695451923

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Pemerintah Provinsi Bali

Pemerintah Provinsi Bali

Event Partner

Event Partner

Pesta Kesenian Bali XXXIX

YURA Shop

Populer

item