Gubernur Pastika dan Wagub Sudikerta Ikuti Prosesi Upacara Bhumi Sudha di Pura Watu Klotok

Klungkung, Dewata News. Com -  Gubernur Bali Made Mangku Pastika didampingi  Ny. Ayu Pastika, Wagub Sudikerta, Bupati Klungkung I Nyoma...


Klungkung, Dewata News. Com - Gubernur Bali Made Mangku Pastika didampingi  Ny. Ayu Pastika, Wagub Sudikerta, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta serta jajaran kepala SKPD di lingkung Pemprov Bali dan Pemkab Klungkung mengikuti prosesi upacara Bhumi Sudha  di Pura Watu Klotok, Klungkung  Rabu (28/12). 

Upacara ini dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya di tilem kenem (bulan mati ke enam, red) mengacu pada lontar Widhi Sastra Rogha Sanghara Bhumi, Tutur Babad Dewa dan Usadhaning Sarwa Sato dan telah pula menjadi keputusan dari Paruman Sulingih Provinsi Bali pada tanggal 21 Nopember 2009. 

Upacara ini  bertujuan untuk membersihkan alam semesta dari hal hal negatif  sekaligus menjadi penuntun bagi krama dalam dalam  menjaga alam semesta dan mengantisipasi bencana.  Prosesi ini dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Tembau dari Griya Aan Bnajarangkan  yang diawali dengan mendak Ida BhataraTirtha Pura Pengubengan Besakih dan Ida Bethara Tirta Pura Batur. 

Ida Bhatara Tirta Pura Pengubengan Besakih yang dipunutoleh Wagub Sudikerta dan tirta dari Pura Batur yang dipunut oleh Bupati Suwirta. Setelah tiba di utama mandala Pura Watu Klotok, tirta dari kedua pura tersebut dicampur lagi dengan Ida Bhatara tirta dari Pura Watu Klotok dan diawali dengan sembahyang bersama. 

Selanjutnya ketiga tirta yang telah dicampur tersebut dibagikan kepada seluruh bendesa se Bali yang kemudian didistribusikan kepada masyarakat untuk dipercikkan di merajan dan pekarangan rumah masing masing. Terdapat dua jenis tirta yang dibagikan pada ritual ini yaitu tirta bhumi sudha yang dipercikkan untuk banten Pengenteg Hyang yang diperuntukan untuk krama, dan tirta penawar yang dipercikkan pada  binatang dan tumbuh tumbuhan. 

Selain itu dibagikan pula nasi tawur panukun jiwa yang nantinya ditebar di pekarangan rumah hingga pintu gerbang milik krama.

Berita Terkait

Breaking News 1482660923962666753

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Bali Creative Week 2017

Bali Creative Week 2017

YURA Shop

Populer

item