Wagub Sudikerta Imbau Krama Laksanakan Upacara sesuai dengan Dresta-Sesana Yang Berlaku

Gianyar, Dewata News. Com -  Adat, budaya dan agama dalam pelaksanaannya di berbagai kegiatan keagamaan di Bali menjadi kesatuan yang t...


Gianyar, Dewata News. Com - Adat, budaya dan agama dalam pelaksanaannya di berbagai kegiatan keagamaan di Bali menjadi kesatuan yang tidak terpisahkan. Satu daerah dengan daerahnya lainnya memiliki kekhasan masing-masing yang sudah diatur dan dilaksanakan secara turun temurun. Sehingga  sudah seyogyanga pelaksanaan agama tetap dipertahankan sesuai dengan adat, tradisi, dan awig-awig yang berlaku, serta mengacu pada ajaran agama.

Demikian disampaikan Wagub Ketut Sudikerta saat menghadiri upacara Melaspas, Ngenteg Linggih dan Pujawali Merajan Paiketan warga Arya Wang Bang Pinatih di Br. Cangaan, Ds. Pejeng Kangin, Tampak Siring, Gianyar, Selasa (1/11).

“Semoga upacara yang digelar bisa sesuai dengan tujuan yang diharapkan, untuk itu sepatutnya harus didasari ajaran agama dan disesuaikan dengan dresta serta sesana yang berlaku didaerah masing-masing,” ujar Sudikerta.

Lebih jauh, Wagub Sudikerta menyatakan krama merajan yang masih memiliki kekerabatan yang kuat karena berasal dari satu kawitan diharapkan lebih memudahkan krama untuk menyatukan pandangan dan perbuatan dalam mendukung penyelenggaraan upacara keagamaan tersebut, serta didasari rasa tulus ikhlas sehingga tidak sampai terjadi perselisihan diantara krama yang bisa menodai upacara.

Ucapan terimakasih atas kehadiran Wagub Sudikerta disampaikan Gusti Ngurah Darma selaku perwakilan pengempon Merajan. Ia pun mengaku memiliki harapan yang sama agar upacara yang digelar bisa memberikan berkah bagi krama pengempon.

Terkait upacara yang digelar, Ia menjelaskan upacara Pemlaspasan dan Ngenteg Linggih yang dilaksanakan bertepatan dengan pujawali yang puncaknya jatuh pada hari ini (1/11), dan selanjutnya akan Nyejer selama 3 hari hingga tanggal 3 November 2016. Lebih jauh, pada kesempatan itu Ia pun menyatakan kebanggaannya dan ucapan selamat atas terpilihnya Wagub Sudikerta selaku Ketua Umum Paiketan Arya Wang Bang Pinatih (AWBP) secara aklamasi, yang diharapkan bisanindihin krama paiketan dalam mewujudkan bhisama leluhur yakni ala ayu tunggal kabeh. (DN - LeO)

Berita Terkait

Breaking News 7936607448837012037

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item