Wagub Ingatkan Keberadaan Toko Modern Jangan Matikan Pasar Tradisional

Denpadar, Dewata News. Com -  Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta mengajak pengelola toko modern ikut peduli terhadap keberlangsungan p...


Denpadar, Dewata News. Com - Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta mengajak pengelola toko modern ikut peduli terhadap keberlangsungan pasar tradisional. Jangan sampai kahadiran toko modern justru mematikan pasar tradisional yang menjadi tempat usaha rakyat kecil. Harapan tersebut disampaikannya saat melepas Fun Run Indomaret 2016 di sisi timur Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Denpasar, Minggu (6/11).

Menurut Sudikerta, keberpihakan pengelola toko modern terhadap keberadaan pasar tradisional antara lain dapat ditunjukkan melalui pemilihan lokasi usaha. 

“Kalau di dekat situ sudah ada pasar tradisional, jangan lagi membuat toko modern di sana. Itu sama halnya dengan berebut pangsa pasar,” pintanya. 

Keberadaan toko modern yang berdekatan dengan pasar tradisional, imbuh Sudikerta, akan merugikan pedagang kecil yang menggantungkan hidup mereka dari pasar tersebut. Sudikerta menambahkan, pada prinsipnya Pemprov Bali berkomitmen untuk melindungi keberadaan pasar tradisional karena berkaitan dengan pergerakan perekonomian masyarakat, khususnya di wilayah pedesaan. 

“Tentu saja komitmen tersebut juga perlu mendapat dukungan dari pelaku yang bergerak dalam pembangunan toko modern seperti Indomaret,” ucapnya.

Dia berharap, keberadaan toko modern yang tetap dikendalikan melalui sebuah regulasi dapat berjalan beriringan dengan keberlangsungan pasar tradisional dalam memajukan perekonomian daerah Bali. Selain mengingatkan agar keberadaannya tak mematikan pasar tradisional, Sudikerta juga minta pihak pengelola toko modern menyisihkan sebagian keuntungannya untuk mendukung pelaksanaan pembangunan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). 

Menurut Wagub, CSR dapat disalurkan melalui berbagai kegiatan antara lain pelestarian lingkungan, bedah rumah atau kegiatan sosial lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat. Dalam kesempatan itu, dia mengapresiasi langkah Indomaret yang menyalurkan CSRnya dalam bentuk sumbangan tong sampah yang diletakkan di areal Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Denpasar.

Pada bagian lain, Wagub Sudikerta juga meminta masyarakat ikut peduli dan menjaga fasilitas umum yang ada di areal lapangan. Saat ini, ujar Wagub, Pemprov Bali tengah melakukan penataan kawasan civic center dengan penambahan sejumlah fasilitas antara lain arena bermain anak dan lampu penerangan. 

“Nanti kawasan di seputaran lapangan ini akan full penerangan sehingga masyarakat dapat berolah raga di malam hari,” ujarnya. 

Setelah penataan rampung, dia menghimbau masyarakat untuk ikut menjaga fasilitas yang ada. Sementara itu, Branch Manager Indomaret Cabang Bali Seno Aribowo menjelaskan bahwa kegiatan fan run digelar serangkaian hari jadi jaringan toko modern tersebut. Menjawab harapan Wagub, pihaknya berkomitmen untuk menyalurkan dana CSR untuk mendukung program pembangunan. 

“Kali ini kami menyumbangkan 10 tong sampah untuk ditempatkan di seputaran lapangan,” pungkasnya.  

Berita Terkait

Breaking News 1447082494628735010

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item