Wabup Kasta Pimpin Bakti Pengayar di Pura Pasar Agung Giri Tolangkir - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/23/16

Wabup Kasta Pimpin Bakti Pengayar di Pura Pasar Agung Giri Tolangkir


Karangasem, Dewata News. Com - Serangkaian Pujawali di Pura Pasar Agung Giri Tolangkir Desa Pakraman Sebudi Kecamatan Selat Kabupaten Karangasem yang Puncaknya pada Rahina Purnama kelima, Senin (14/11) lalu, Pemerintah Kabupaten Klungkung ngaturang Bakti Penganyar Rabu (23/11). Bakti penganyar dipimpin Wakil Bupati Klungkung Made Kasta beserta Ny. Sri kasta didampingin jajaran SKPD dilingkungan Kabupaten Klungkung.

Ida Bagus Made Bayu Patiputra selaku panitia wewantenan penganyar Pemkab Klungkung mengatakan, bakti penganyar ini wajib dilaksanakan selama Ida Bhatara katuran nyejer dalam upacara atau pujawali. Bakti penganyar ini sebagai wujud bakti umat kehadapan Ida Bhatara Bhatari utamanya Ida Bhatara yang berstana di Pura Pasar Agung Giri Tolangkir. “Saat pujawali umat diwajibkan mempersembahkan segala baktinya kehadapan Ida Bhatara dengan satu harapan Ida Bhatara yang berstana disini selalu memberikan berkah. Bakti penganyar diawali dengan natab banten prayascita" kata Ida Bagus Made Bayu Patiputra.

Sementara itu, Wakil Bupati Klungkung Made Kasta bersama rombongan lainnya dari Pemkab Klungkung dan pemedek lainnya melaksanakan pesembahyangan bersama. Sebelum pesembahyangan, seluruh umat mengawali dengan melaksanakan Puja Trisandya. Persembahyangan berlangsung hikmad dipuput Ida Pedanda Made Tembau Griya Kulon Aan Kecamatan Banjarangkan Kabupaten Klungkung.  Seusai pesembahyangan, Wabup kasta juga menghaturkan punia yang diterima Penglingsir Pura Pasar Agung Giri Tolangkir  Jero Mangku Gede Umbara. Ida Bathara Nyejer selama 11Hari dan akan disineb pada tanggal 25 November 2016 mendatang.

Setelah mengaturkan Bakti Pengayar di Pura Pasar Agung Giri Tolangkir,Pemkab Klungkung juga mengaturkan Bakti Pengayar  di Pura Kentel Gumi Kecamatan Banjarangkan Kabupaten Klungkung, yang juga akan disineb pada tanggal 25 November 2016 mendatang.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com