PLN Dukung Pertumbuhan Listrik Pedesaan di Bali

Buleleng, Dewata News. Com - PLN Distribusi Bali terus memacu tumbuhnya perekonomian pedesaan melalui Program Listrik Pedesaan (Lisdes...


Buleleng, Dewata News. Com - PLN Distribusi Bali terus memacu tumbuhnya perekonomian pedesaan melalui Program Listrik Pedesaan (Lisdes) yang tersebar di seluruh Pulau Bali. Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur dan Bali PT PLN (Persero) Amin Subekti secara simbolis meresmikan listrik pedesaan di Dusun Banjar Anyar, Desa Sambangan, Singaraja pada Selasa, 22 November 2016. 

Program Lisdes merupakan upaya PLN untuk terus mendorong tumbuhnya perekonomian pedesaan melalui penyediaan listrik yang menjangkau hingga ke pelosok desa. Tersedianya listrik di desa diharapkan  akan meningkatkan produktivitas dan taraf hidup masyarakat setempat. Upaya melistriki desa sejalan dengan  semangat ”Kerja Nyata, Terangi Negeri” yang menjadi komitmen PLN untuk membangun Indonesia melalui kelistrikan.

Jaringan listrik di Desa Sambangan dibangun dengan dana sebesar 531 juta rupiah dari total investasi listrik pedesaan sebesar 1,67 milyar rupiah untuk listrik pedesaan di wilayah Sukasada. 

“Untuk seluruh wilayah Bali Utara PLN menyiapkan dana 16,9 milyar rupiah untuk membangun listrik pedesaan,” kata General Manager PLN Distribusi Bali Sandika Aflianto. 

Dana listrikpedesaan ini tersebar di 40 lokasi / desa di Kawasan Bali Utara digunakan untuk melakukan pembangunan infrastruktur sebanyak 32,11kilometer sirkit (kms) jaringan tegangan menengah, 27 unit gardu distribusi dan 93,71 kms jaringan tegangan rendah dan penambahan 1215 pelanggan listrik. 

“Selain untuk mendukung tumbuhnya perekonomian pedesaan, program Lisdes dimaksudkan untuk meningkatkan rasio elektrifikasi Provinsi Bali”, tambah Sandika. 

Rasio elektrifikasi Bali hingga Oktober 2016 mencapai 91,56 % sedangkan khusus di Kabupaten Buleleng sendiri tercatat saat ini mencapai 88,49 persen. PLN Distribusi mengalokasikan 54 miliar rupiah untuk Program Lisdes yang tersebar seluruh Bali yang akan menambah 65,45 kms jaringan tegangan menengah, 198,52 kms jaringan tegangan rendah, dan 54 buah gardu. 

“Melalui Program Lisdes PLN menargetkan di tahun 2020 rasio elektrifikasi di Provinsi Bali akan mencapai 100%”, ungkap Sandika.

Pada kesempatan yang sama, PLN Distribusi Bali juga menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) melalui program PLN Peduli untuk mendukung pelestarian jalak Bali di kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB). 

“PLN ingin member manfaat lebih bagi masyarakat, tidak hanya melalui penyediaan listrik tapi ikut dalam peduli lingkungan.Di Kawasan Bali Utara salah satu Program PLN Peduli yakni penangkaran jalak Bali yang sangat bermanfaat bagi pelestarian jalak Bali kedepan yang saat ini hamper punah”, papar Sandika Aflianto.  Secara keseluruhan program bina lingkungan PLN Peduli PLN Distribusi Bali untuk kawasan Area Bali Utara mencapai 375 juta yang diperuntukkanuntuk bantuan di bidang pendidikan, penghijauan, kesehatan masyarakat, keagamaan, dan pelestarian jalak bali. (DN - PLN)

Berita Terkait

Breaking News 8455282886644770269

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item