Pemkab Bangli Ngaturang Penganyar di Pura Kahyangan Jagat Pura Pasar Agung Besakih Giri Tolangkir

Dewata News. Com - Pemerintah Kabupaten Bangli yang dipimpin langsung Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, SE, Selasa (22/11) ...


Dewata News. Com - Pemerintah Kabupaten Bangli yang dipimpin langsung Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, SE, Selasa (22/11) ngaturang bhakti penganyar serangkaian Pujawali Kelima di Pura Kahyangan Jagat Pura Pasar Agung Besakih Giri Tolangkir. 

Bhakti penganyar ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Bangli Komang Carles, Sekda Bangli I.B. Gde Giri Putra dan pimpinan SKPD dilingkungan Pemkab Bangli beserta staf. Pada kesempatan itu Wabup Bangli Sedana Arta juga ngaturang punia yang diterima manggala karya Jro Mangku Gede Umbara.

Manggala Karya Jro Mangku Gede Umbara mengatakan, rangkaian pujawali kelima Pura Pasar Agung Besakih Giri Tolangkir sudah dimulai sejak Negtegang daging munggah sunari pada redite pon tambir (30/10), Ida Batara lunga mesucian ke toya sah pada saniscara manis medangkungan (12/11), mepepada wewalungan menben pada redite paing matal (13/11), ngaturang pekelem ke puncak gunung agung pada soma pon matal (14/11), puncak wali pada soma pon matal (14/11) dan ngaturang bhakti penyineb pada sukra wage uye (25/11).

Disampaikan juga, bhakti penganyar Pemkab Bangli dipuput oleh Ida Pedanda Manggis dari Gria Siladan, Taman Bali Bangli. Adapun bhakti yang dihaturkan berupa suci, bebangkit, pajegan dan sesayut dengan menggunakan wewalungan ayam dan bebek.

Menurut Jro Mangku Gede Umbara, selama ini belum semua umah hindu sedarma yang mengetahui keberadaan Pura Kahyangan Jagat Pura Pasar Agung Besakih Giri Tolangkir, sehingga belum semua umat hindu yang berkesempatan nangkil ngaturang bhakti kehadapan Ida Bhatara Putran Jaya ring Gunung Tolangkir, Ida Bhatara Ratu Ayu Melanting lan Ida Bhatara Rambut Sri Sedana yang berstana di Pura Kahyangan Jagat Pura Pasar Agung Besakih Giri Tolangkir. 

“Melalui pujawali ini, kita ingin semua umah hindu sedarma bisa tahu dan bisa tangkil ngaturang bhakti ke Pura Kahyangan Jagat Pura Pasar Agung Besakih Giri Tolangkir”harapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan, bhakti penganyar disamping sebuah kewajiban juga merupakan wujud bhakti kita kehadapan ida bhatara yang berstana di Pura Kahyangan Jagat Pura Pasar Agung Besakih Giri Tolangkir. Dengan harapan Ida Bhatara memberikan tuntunan dan sinar sucinya  sehingga semua tugas kedinasan di Pemerintah Kabupaten Bangli bisa berjalan dengan baik serta semua permasalahan yang ada dapat terselesaikan tanpa menimbulkan permasalahan baru. 

“Melalui bhakti pengayar ini kita memohon kehadapan Ida Bhatara semoga semua tugas kedinasan dan permasalahan di Kabupaten Bangli bisa terselesaikan dengan baik”harapnya.

Berita Terkait

Kabar Bangli 4417413474459340572

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item