PEMKAB BANGLI NGATURANG BHAKTI PENAUNG BAYU DI PURA BATU MADEG

Karangasem, Dewata News. Com -  Rombongan Pemerintah Kabupaten Bangli yang dipimpin Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan...


Karangasem, Dewata News. Com - Rombongan Pemerintah Kabupaten Bangli yang dipimpin Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Asisten I) Setda Bangli Drs. I Wayan Lawe, MM, Selasa (29/11) melaksanakan persembahyangan bersama pada puncak Karya Penaung Bayu Tilem Kalima di Pura Batu Madeg, Besakih. Turut hadir pada karya tersebut sejumlah pimpinan SKPD dilingkungan Pemkab Bangli beserta jajarannya, Pemuka Subak dan Pekaseh seluruh Bali serta prajuru adat dan masyarakat setempat.
Prawartaka Karya Jro Mangku Widiarta pada kesempatan itu menyampaikan sekilas tentang Pura Batu Madeg sebagai Istana Bhatara Wisnu yang mempunyai fungsi dalam melindungi dan memelihara alam semesta, pencipta kemakmuran yang sangat berkaitan dengan bidang pertanian di Bali. 

Lanjut, Upakara Karya Penaung Bayu di Pura Batu Madeg yang dilaksanakan setiap tahun tepatnya pada  tilem kalima memiliki makna sebagai suatu permohonan kepada Tuhan dalam manivetasi beliau sebagai Dewa Wisnu sebagai dewa kemakmuran, sekaligus sebagai peringatan kepada umat manusia agar selalu memelihara dan melindungi sumber air di seluruh Bali, sehingga para pemuka Subak dan Pekaseh se Bali turut hadir untuk dapat menyaksikan karya Penaung Bayu tersebut. 

“Dengan pelaksanaan karya yang disaksikan oleh seluruh pemuka Subak dan pekaseh, diharapkan mereka selalu ingat untuk selalu menjaga dan memelihara sumber-sumber air yang ada di Bali sebagai sumber kehidupan dan kesuburan pertanian dalam arti luas” terangnya.
Disampaikan juga, Puncak Karya Penaung Bayu tahun ini menggunakan bhakti sanggar tawang meluur angkasa catur muka, sor sanggar tawang soroan baying baying kebo, caru manca sia  dengan menggunakan wewalungan kebo, kambing, angsa, kucit butuan, penyu, ayam dan bebek yang dipuput oleh dua sulinggih, yakni Ida Pedanda Istri Buda Alangkajeng dari Gria Nongan Karangasem dan Ida Pedanda Manggis dari Gria Siladang, Taman Bali Bangli.  Sebagai rangkaian upakara pada puncak Karya Penaung Bayu juga ditampilkan tari topeng sidekarya, rejang dewa dan wayang gedog. 

“Kita berharap melalui karya ini, alam semesta beserta isinya diberikan keselamatan dan kesejahteraan”harapnya.
Sementara itu Asisten I Sekda Bangli Wayan Lawe pada kesempatan itu menyampaikan, persembahyangan dalam Upacara Karya penaung Bayu yang jatuh pada Tilem Kalima merupakan wujud srada bakti kepada Ida Bhatara Wisnu yang berstana di Pura Batu Madeng. Dengan harapan masyarakat Bali khususnya selalu diberikan keselamatan dan kesejahteraan”Melalui bhakti ini kita mohonkan kehadapan Ida Bhatara Wisnu semoga masyarakat Hindu Sedarma selalu diberkati dengan keselamatan dan kesejahteraan”pungkasnya.

Berita Terkait

Kabar Bangli 5544746698320967928

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item