ODHA Mulai Mandiri, Infeksi HIV/AIDS di Buleleng Menurun

Buleleng, Dewata News. Com —  Angka infeksi HIV/AIDS baru di Kabupaten Buleleng angkanya sudah menurun. Angka komulatif yang sudah te...


Buleleng, Dewata News. Com —  Angka infeksi HIV/AIDS baru di Kabupaten Buleleng angkanya sudah menurun. Angka komulatif yang sudah tercatat dari instansi-instansi terkait juga menunjukkan penurunan. Penurunan tersebut membuat peringkat Buleleng untuk penderita HIV/AIDS telah mengalami pergeseran.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG pada saat penilaian Kelompok Siswa Peduli AIDS dan Narkoba (KSPAN) tingkat Provinsi Bali yang diselenggarakan di SMP Negeri 2 Singaraja, Kamis (03/11). SMP Negeri 2 Singaraja menjadi duta Kabupaten Buleleng dalam perlombaan KSPAN tingkat Provinsi Bali tahun 2016.

Menurut Wabup Sutjidra, angka komulatif infeksi HIV/AIDS di Kabupaten Buleleng jauh mengalami penurunan. Dari data yang dilaporkan oleh instansi-instansi terkait, tercatat sampai tahun 2016 ini sebanyak 2.300 infeksi. Untuk jumlah infeksi baru, pada tahun 2015 tercatat sejumlah 270 yang biasanya di atas angka 300.

“Mudah-mudahan angka infeksi baru pada tahun 2016 dilaporkan menurun sehingga bisa mencapai 1 digit yaitu sejumlah 100 ataupun 120. Penurunan ini patut disyukuri karena hal ini merupakan hasil kerja dari stakeholder terkait seperti Pemkab Buleleng sendiri, instansi terkait, relawan dan termasuk KSPAN yang ada di sekolah-sekolah. Kita wajibkan sekolah-sekolah mulai dari SMP untuk memiliki KSPAN,” ucapnya.

Disinggung mengenai Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang telah diberikan Pemkab Buleleng kepada para Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA), Wabup Sutjidra mengungkapkan ODHA di Kabupaten Buleleng sekarang sudah bisa mandiri. Tidak ada lagi stigma yang negatif kepada ODHA di Kabupaten Buleleng. Hal tersebut dikarenakan Pemkab Buleleng telah memberikan program KUBE kepada para ODHA dari tahun 2014. KUBE digelontorkan agar para ODHA bisa menghidupi keluarganya.

“Kelompok Usaha Bersama yang digulirkan tergantung dari keahlian mereka. Ada kelompok ternak, ukm, kerajinan. Semua itu kita berikan bantuan melalui Dinas Sosial rutin setiap tahun,” ungkap Sutjidra.

Ditemui di ditempat yang sama, Ketua Sekretariat Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Bali yang juga pemimpin Tim Penilai, Drh. Made Suprapta, MM mengungkapkan melihat antusiasme dari sekolah para peserta lomba di seluruh Bali, terlihat meningkat dan semakin positif karena mereka berlomba menjadi juara. Namun, menurutnya bukan juara yang menjadi utama, melainkan keinginan ataupun kemauan kelompok dan individu untuk bersama-sama menekan laju penyebaran HIV/AIDS.

“Seperti contoh di Buleleng, infeksi baru angkanya sudah menurun. Hal tersebut menunjukkan bagaimana pemahaman para siswa di sekolah untuk menghindari HIV/AIDS sudah meningkat. Sebenarnya itu yang menjadi tujuan kegiatan lomba ini,”jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Singaraja, Nyoman Purnayasa menjelaskan SMP Negeri 2 Singaraja ditunjuk menjadi duta Kabupaten Buleleng dalam lomba KSPAN tingkat Provinsi Bali tahun 2016. Berbagai persiapan telah dilakukakan oleh pihak sekolah seperti pengembangan KSPAN sendiri dengan kegiatan intern dan ekstern. Intern melibatkan semua siswa dan ekstern seperti sosialisasi kepada sekolah imbas yaitu SD dan SMP, sosialisasi kepada masyarakat dan mengunjungi ODHA.

“Target kami minimal tiga besar. Namun jika bisa menjadi juara satu. Mudah-mudahan dewan juri bisa memberikan penilaian yang obyektif,” tutup Purnayasa. (DN ~ TiR).—

Berita Terkait

Kabar Buleleng 6858441633681116550

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item