Jalin Kerjasama dengan Kumamoto, Pastika Berharap Bawa Manfaat Positif bagi Kemajuan Bali

Jepang, Dewata News. Com -  Gubernur Bali  Made Mangku Pastika menyampaikan rasa antusiasnya terhadap kerjasama yang akan dijalin Provi...


Jepang, Dewata News. Com - Gubernur Bali  Made Mangku Pastika menyampaikan rasa antusiasnya terhadap kerjasama yang akan dijalin Provinsi Bali dengan Prefektur Kumamoto, Jepang. Demikian disampaikannya saat  akan memelakukan penandatangan  nota kesepahaman (memorandum of understanding/MOU) kerjasama dengan Gubernur Prefektur Kumamoto Jepang, Ikuo Kabashima, pada Rabu (17/11) di Kantor Gubernur Kumamoto, Jepang. 

Pada kesempatan itu baik Pastika maupun Gubernur Kabashima sepakat untuk mengembangkan persahabatan, kerjasama, dan meningkatkan hubungan baik antar masyarakat atas dasar kesetaraan, saling menguntungkan, dan saling menghormati di bidang kebudayaan, pariwisata, pertanian, lingkungan hidup, perikanan, dan pendidikan. 

“Kita memandang perlu menjalin kerjasama dengan provinsi lainnya di luar negeri yang memiliki potensi daerah yang sama dan tentunya berharap kerjasama ini akan membawa banyak manfaat positif bagi kemajuan Bali, karena Kumamoto adalah salah satu provinsi termaju di Jepang dalam banyak hal, ” kata Pastika.

Lebih jauh Pastika yang diundang khusus oleh Pemerintah Kumamoto menjelaskan kesepakatan ini bertujuan untuk meningkatkan pelaksanaan pembangunan daerah Bali, serta mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat Bali di berbagai bidang.

Prefektur Kumamoto  sendiri berada di wilayah Jepang Barat Daya, di Pulau Kyushu. Baik Bali maupun Kumamoto Kedua provinsi memiliki kemiripan potensi, antara lain pertanian dalam arti luas, kebudayaan serta pariwisata. Dijelaskan Dewa Mahendra komitmen kedua provinsi telah terbangun cukup lama, bahkan Gubernur Kumamoto Prefecture Ikuo Kabashima, terlebih dahulu mengunjungi Bali pada bulan Juli 2015 silam. Setelah itu diikuti kunjungan para ahli Jepang ke Bali sampai pertengahan 2016, dalam bidang pertanian, peternakan, pariwisata, dan pendidikan.

Pada kesempatan tersebut, dibahas pula hal-hal lain terutama pengalaman kumamoto dalam membudidayakan sapi, juga keberhasilan Kumamoto sebagai kota pendidikan di Jepang, sistem agribisnis Kumamoto yang maju, serta cepatnya Kumamoto pulih pasca musibah gempa bumi bulan Mei lalu dengan korban jiwa yang sangat sedikit.

Pastika yang saat itu  didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bali, Ida Bagus Wisnuardhana, dan Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali, I Wayan Serinah berharap bantuan dan kerjasama dengan  salah satu prefektur negeri sakura ini akan meningkatkan kualitas pembangunan daerah Bali dan menciptakan Bali memiliki daya saing global, serta mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Salah satu yang akan dilakukan dalam kesepakatan ini adalah pengiriman banyak tenaga dan sumber daya manusia untuk belajar di Kumamoto khususnya para petani untuk mendalami sistem agribisnis modern. Selanjutnya kerjasama ini diharapkan membuka peluang bagi para lulusan SMAN Bali Mandara untuk  memiliki kesempatan mengenyam pendidikan dan mendapatkan beasiswa di sana. 

Terkait pengembangan sapi Bali yang merupakan plasma nutfah kebanggaan pulau dewata rencananya juga akan dikembangkan menjadi penghasil daging yang berkualitas tinggi melalui kerjasama dengan Perfektur negeri matahari terbit ini.  

Di sisi lain, Gubernur Kabashima menyampaikan kegembiraanya karena provinsinya dapat membangun kerjasama dengan Bali sebagai salah satu destinasi pariwisata terkenal di dunia, setelah lebih dari tiga tahun telah melakukan pejajagan secara serius. Semoga kerjasama ini dapat mendukung berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bali.

Berita Terkait

Breaking News 1262534865344092391

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item