Gubernur Pastika Berharap Hubungan dengan Timor Leste Terus Berjalan Baik

Denpasar, Dewata News. Com -  Sebagai bangsa yang secara historis pernah menjadi bagian dari Indonesia , Republik Demokratik Timor Lest...


Denpasar, Dewata News. Com - Sebagai bangsa yang secara historis pernah menjadi bagian dari Indonesia , Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) memiliki ikatan kekeluargaan dan persahabatan yang sangat erat dengan Republik Indonesia. Tidak sekedar sejarah, hubungan diplomatik yang terbangun antara  kedua negara  juga penuh ikatan emosional. Ke depan, hal tersebut diharapkan menjadi landasan yang baik untuk menjadi hubungan yang kokoh, yang terus berkembang semakin dalam.  

Demikian disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika dalam sambutannya saat menghadiri resepsi peringatan HUT ke-41 Proklamasi Kemerdekaan Negara Republik Demokratik Timor Leste yang diselenggarakan oleh Konsulat Jenderal Timor Leste di Bali yang berlokasi di Inna Bali Hotel, Denpasar pada Senin (28/11) malam.

“Saya turut berbahagia sekaligus mengucapkan Selamat kepada Pemerintah dan segenap rakyat Timor Leste, atas peringatan Hari Ulang Tahun ke-41 Proklamasi Kemerdekaan Negara Republik Demokratik Timor Leste. Perayaan ini tidak hanya bermakna khusus sebagai penghormatan terhadap Hari Kemerdekaan, tetapi yang lebih penting adalah momentum memantapkan hubungan persahabatan Indonesia-Timor Leste, khususnya hubungan Timor Leste dengan Bali,” ujar Pastika yang pada kesempatan tersebut didampingi Kepala Biro Humas Setda Provinsi Bali I Dewa Gede Mahendra Putra.

Ditambahkan Pastika, kerja sama tidak hanya berdasarkan sifat saling menguntungkan, namun juga tumbuh dengan saling berbagi nilai demokrasi, hak azasi manusia, dan nilai dalam segala bidang kehidupan.

“Sudah sangat banyak masyarakat Timor Leste yang tinggal di Bali. Demikian pula sebaliknya, sudah banyak pula masyarakat Bali tinggal di Timor Leste. Ke depan, tentu jumlah itu akan semakin meningkat dan menyatukan kedua negara,” imbuhnya.

Lebih lanjut menurut orang nomor satu di Provinsi Bali tersebut, menjadi tugas masyarakat dan Pemerintah Daerah untuk memelihara dan terus meningkatkan hubungan baik sekaligus senantiasa mengupayakan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat kedua bangsa.

“Ke depan, Saya tetap berharap ada program-program kemitraan strategis yang digagas dalam mendukung program pembangunan daerah Bali,  sejalan dengan berkembangnya Bali sebagai daerah pariwisata internasional,” pungkasnya.

Sementara itu, Konsul Jenderal Timor Leste di Bali, Mrs. Teresa Maria De Carvalho dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Indonesia khususnya kepada Pemerintah Provinsi Bali yang telah memberikan kesempatan kepada Timor Leste untuk membuka konsulat nya di Indonesia dan juga Bali.

“Terimakasih kepada Pemerintah Indonesia khususnya untuk Pemerintah Provinsi Bali yang telah memberikan kesempatan kepada kami (Timor Leste-red) untuk membuka Konsulat Jenderal disini. Semoga hubungan kedua Negara bisa terus berjalan dengan baik, mengingat keduanya pernah memiliki hubungan sejarah,” ucap Teresa.

Lebih lanjut, Teresa mengajak seluruh masyarakat Timor Leste untuk ikut merefleksikan kemerdekaan Timor Leste serta mensyukuri dengan hasil yang telah diraih. Ia juga mengajak seluruh masyarakat Timor Leste untuk terus bangkit menuju masa depan yang gemilang.

Dalam acara tersebut hadir pula Wakapolda Bali Brigjen Pol I Dewa Putu Anom, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono, Danlanud Ngurah Rai Kolonel Pnb Danet Hendriyanto. (DN - NgR)

Berita Terkait

Breaking News 5775426823695041632

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Bali Creative Week 2017

Bali Creative Week 2017

YURA Shop

Populer

item