BPBD Buleleng Antisipasi Banjir di Musim Hujan

Buleleng, Dewata News.com — Aksi nyata  dilakukan BPBD Buleleng menggandeng stakeholder untuk antisipasi banjir di musim hujan, yakni ...


Buleleng, Dewata News.com — Aksi nyata  dilakukan BPBD Buleleng menggandeng stakeholder untuk antisipasi banjir di musim hujan, yakni dengan melakukan bersih-bersih sungai dan selokan. Untuk tahun 2016 ini BPBD menyasar tiga sungai di Kecamatan Banjar.

Seperti diungkapkan Sekretaris BPBD Buleleng Gede Sukarsa Astawa, untuk kegiatan bersih-bersih sungai dan selokan memang menjadi program BPBD melibatkan stakeholder, bertujuan untuk mengatisipasi banjir.

“Biasanya banjir diakibatkan ulah manusia yang membuang sampah sembarangan ke sungai mengakibatkan tersumbatnya saluran dan pada akhirnya air meluber, hingga menimbulkan banjir”, ucap Gede Sukarsa, Kamis Rabu (17/11),

Kebersihan sungai merupakan tanggungjawab kita semua, bahkan  Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Buleleng secara rutin ikut melakukan pengawasan terhadap daerah aliran sungai.

Menurut Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Buleleng Ketut Nerda, bahwa DAS (daerah aliran sungai) memilki makna suatu wilayah daratan merupakan satu kesatuan yang berfungsi menampung dan menyimpan dan mengalirkan air yang berasal dari curah hujan ke danau atau ke laut secara alami.

“Saat ini dinas kami mengelola tiga sub daerah aliran sungai meliputi, Das Blingkang Anyar, DAS Sabadaya dan DAS Teluk Trima Pancoran”, ucap Ketut Nerda.

Terpeliharanya daerah aliran sungai di wilayah Buleleng yang Nyegara Gunung menurut Ketut Nerda akan dapat mengantisipasi terjadinya banjir.

Menurut rencana gotong royong atau bersih-bersih sungai akan diselenggarakan 25 Nopember 2016 mendatang,  menyasar aliran sungai di Desa Banjar, Temukus dan Desa Gobleg, Kecamatan  Banjar. (DN ~ TiR).—

Berita Terkait

Kabar Buleleng 4353652773631413420

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item