Antisipasi Penyalahgunaan Internet, Klungkung Gelar Pelatihan Internet CAKAP - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/23/16

Antisipasi Penyalahgunaan Internet, Klungkung Gelar Pelatihan Internet CAKAP


Klungkung, Dewata News. Com - Internet menjadi salah satu jembatan komunikasi yang digunakan baik oleh pemerintah, pengusaha, karyawan pelajar dan pengguna lainnya. Internet memberikan manfaat besar dalam peningkatan kwalitas kehidupan masyarakat dengan memberi kontribusi bagi peningkatan kecerdasan, kesejahteraan serta memberikan kemudahan mendapat informasi dan pengetahuan, bersosialisai melalui media social, berbisnis maupun hiburan. 

Namun maraknya situs dengan konten yang bermuatan negative serta kejahatan dunia cyber menimbulkan keprihatinan banyak pihak, apalagi pengguna terbesar internet adalah anak – anak dan remaja yang rawan terhadap penyalahgunaan internet, baik bisa sebagai korban maupun pelaku.

Maka untuk melindungi para pengguna internet aktif ini, kementerian Komunikasi dan informatika bekerjasama dengan Dishubkominfo Kabupaten Klungkung menggelar pelatihan Internet Cerdas Kreatif dan Produktif (Internet CAKAP) di Aula SMA Pariwisata Saraswati Klungkung (23/11) . 


Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman tentang penggunaan internet secara positif, tidak hanya sehat namun juga cerdas kreatif dan produktif kepada generasi muda.  Direktur Pemberdayaan Informatika kementerian Komunikasi dan Informatika, Septriana Tangkari dalam laporannya mengatakan melalui program ini para generasi muda pengguna internet akan didorong pemberdayaan Internet yang berdaya guna, bernilai tambah dan bermanfaat bagi dirinya sendiri, keluarga dan masyarakat. 

Septriana Tangkari  juga menyampaikan rasa bangganya karena salah satu perwakilan Klungkung di ajang Duta Internet CAKAP 2016 yaitu Komang Novia Arsita Wijaya, terpilih sebagai Duta Internet CAKAP 2016 Terbaik Putri di tingkat Nasional. Kepada Komang Novia Arsita Wijaya yang juga sebagai narasumber kegiatan ini, diharapkan mampu menularkan pemanfaatan internet ke lingkungan sekitarnya serta masyarakat luas sehingga memberikan manfaat  yang maksimal dari penggunaan teknologi internet.  

Sementara itu Bupati Klungkung dalam sambutannya yang dibacakan Wabup Made Kasta mengatakan sangat menyambut baik terselanggaranya kegiatan ini. Menurutnya internet yang memiliki manfaat luar biasa namun juga bisa memberikan dampak negative yang besar pula. 

“Pelatihan ini merupakan langkah yang sangat baik untuk menyiapkan SDM yang nantinya akan menularkan  poengetahuannya kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat memberdayakan  dan mengambil manfaat dari internet, bukan malah menjadi korban perkembangan teknologi nformasi dan komunikasi,”ujar Wabup Kasta.

Kepada Komang Novia Arsita Wijaya yang juga merupakan siswa SMAN 2 Semarapura, Wabup Kasta berpesan supaya menjadi agen perubahan pengguna internet yang cerdas, mampu memanfaatkan internet dengan tepat guna, aman sesuai etika, berbudaya dan norma yang berlaku.

“Selain menjadi agen perubahan penggunaan internet yang tepat guna, Komang Novia Arsita Wijaya juga saya harapkan mampu menularkan penggunaan internet yang produktif dan kreatif dimana mampu menciptakan karya baru yang memberikan nilai tambah  dan manfaat,” ujar Wabup Kasta.

Pelatihan ini diikuti oleh sekitar 200 perserta yang berasal dari tingkat SMP dan SMA/SMK. Dalam pembukaan kegiatan ini turut hadir Kadisdikpora Nyoman Mudarta, Kadishubkominfo Nengah Sukasta, GM Telkom Bali Utara, serta jajaran Direktorat pemberdayaan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika. (DN - HuM)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com