Wagub Berharap Pertanian Beri Kontribusi Lebih Besar Bagi Perekonomian Bali - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/11/16

Wagub Berharap Pertanian Beri Kontribusi Lebih Besar Bagi Perekonomian Bali


Denpasar, Dewata News. Com - Wakil Gubernur Ketut Sudikerta berharap sektor pertanian mampu memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perekonomian Bali. Menurut dia, selama ini sektor pertanian baru mampu memberi kontribusi sebesar 16 persen bagi pertumbuhan ekonomi. Melalui berbagai program unggulan bidang pertanian yang terus diupayakan, dia menargetkan sektor ini mampu memberi kontribusi hingga 30 persen. 

Harapan itu disampaikannya saat melakukan sidak dan bertatap muka dengan ASN di lingkugan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Dinas Peternakan Provinsi Bali, Selasa (11/10).  

Untuk mencapai target tersebut, dia menekankan sejumlah hal yang patut mendapat perhatian antara lain peningkatan kualitas infrastruktur serta penguatan sarana dan prasarana pendukung bidang pertanian. Selain itu, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan keberpihakan anggaran juga perlu mendapat atensi untuk menggenjot sektor ini. 

“Peringkatan infrastruktur akan terus kita perhatikan, khususnya pada jalur produksi. Sementara untuk peningkatan kualitas SDM, saya minta jajaran Dinas Pertanian Tanaman Pangan mengintensifkan program pembinaan dan pelatihan untuk memotivasi para petani,” paparnya. 

Sudikerta berharap, pembinaan dan pelatihan juga diarahkan untuk memotivasi kalangan generasi muda agar tertarik menekuni bidang ini. Selain itu, Sudikerta menilai pentingnya kegiatan studi banding ke daerah yang berhasil memajukan sektor pertanian.  

Selain bicara soal pembangunan di sektor pertanian, Wagub Sudikerta juga minta ASN di lingkup Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan senantiasa menjaga kesehatan dan kekompakan agar mampu melaksanakan tugas-tugas kedinasan dengan baik dan mengawal pelaksanaan program Bali Mandara.

Pada bagian lain, dia menyampaikan apresiasi terhadap kinerja ASN di Lingkungan Pemprov Bali karena berbagai program unggulan telah terlaksana dengan baik dan mampu memberi manfaat bagi masyarakat. Kata Wagub, hal tersebut tercermin dari hasil survei yang menyebut kepuasaan masyarakat terhadap pelaksanaan program Bali Mandara mencapai 88 persen.

Dalam sidaknya kali ini, Wagub Sudikerta sempat meninjau pengerjaan gedung Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Peternakan dan Perkebunan yang mulai digarap Juli lalu. Kadis Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Bali IB Wisnu Ardhana menjelaskan bahwa realisasi fisik telah mencapai 30 persen. Dengan kata lain, pengerjaannya telah melampaui target yang ditetapkan dalam kontrak yaitu sebesar 20 persen. 

Menurut Wisnu Ardhana, gedung yang dikerjakan dengan sistem multi years ini nantinya akan diperuntukkan bagi tiga SKPD yaitu Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan. Gedung dengan daya tampung 350 orang itu dijadwalkan rampung pada Juli 2017 mendatang.  

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com