Jelang Ngusaba Gumang di Bugbug, IWB Buleleng Sediakan Transportasi Gratis

  Buleleng, Dewata News. Com —  Menjelang pelaksanaan Ngusaba Gumang di Desa Bugbug, Karangasem, Ikatan Warga Bugbug (IWB) Buleleng kem...

 
Buleleng, Dewata News. Com —  Menjelang pelaksanaan Ngusaba Gumang di Desa Bugbug, Karangasem, Ikatan Warga Bugbug (IWB) Buleleng kembali menyediakan transportasi gratis bagi warga bugbug yang berada di Singaraja.

Mewujudkan rasa kebersamaan dan kepedulian, Ikatan Warga Bugbug (IWB) Buleleng untuk kelima kalinya kembali melakukan program transportasi gratis dalam rangkaian Ngusaba Gumang di Desa Bugbug, Karangasem yang berlangsung pekan mendatang.

“Kembali pada tahun ini kami tetap melaksanakan program IWB di bidang kepedulian terhadap warga. Tahun ini pada sasih kapat di Desa Bugbug itu ada Aci Gumang, Ngusaba Gumang, dimana warga IWB yang tinggal di Singaraja, Buleleng ini sebagian besar akan mendak ke Desa Bugbug, banyak diantara mereka memerlukan sarana trasportasi untuk bisa ikut tangkil di Bukit Gumang,” ungkap Ketua IWB Buleleng, Gde Wisnaya Wisna, Rabu (05/10).

Program pulang kampung bersama secara gratis yang dilakukan sejak tahun 2008 merupakan kegiatan rutin dua tahunan sebagai program IWB Buleleng yang tentunya melibatkan seluruh warga Bugbug yang berada di Singaraja.

“Kami sebagai organisasi paguyuban warga sudah sejak 2008 melaksanakan program kepedulian ini, pada tahun 2016 kita kembali melaksanakan kegiatan ini kembali untuk memanggil seluruh warga IWB yang berniat untuk kita ajak bersama-sama berangkat ke desa dengan biaya gratis,” ujar Wisnaya Wisna.

Untuk pembiayaan program dalam mewujudkan kepedulian dan kebersamaan warga Bugbug di Buleleng itu diambil dari Anggaran Dana milik IWB Buleleng dan juga sejumlah donator sebagi sponsor kegiatan, termasuk beberapa warga Bugbug yang mampu, sehingga pola subsidi silang dilakukan untuk pembiayaan kegiatan dua tahunan tersebut.

“Anggaran dana ini tentunya kami ambilkan dari dana kas IWB sebagian, sebagian juga dibantu oleh sponsor-sponsor, baik itu perorangan maupun lembaga, yang berkenan untuk ikut ambil peduli juga dalam program ini. Ada donator sebagian dan sebagian dari kas IWB,” papar Wisnaya Wisna.

Wisnaya Wisna yang juga Anggota DPRD Kabupaten Buleleng ini menegaskan, dalam pelaksanaan transportasi gratis diharapkan warga yang turut dalam program itu mendaftarkan diri pada koordinator wilayah yang telah ditunjuk.


Kegiatan Trasportasi Gratis mulai tangal 10–12 Oktober 2016 dari beberapa titik di wilayah Kampung Anyar dan Kampung Baru, sementara pelaksanaan upacara Ngusaba Gumang pada hari Rabu, tanggal 13 Oktober 2016.

“Tentunya ini program kami yang rutin, tentunya siapa yang berkenan mau ikut didalam transportasi gratis ini dan pendaftaran itu sudah kami mulai sejak tanggal 28 September, diharapkan warga yang berkenan ikut menghubungi korwil-korwil IWB ditempat yang telah disiapkan,” paparnya.

Di Kabupaten Buleleng, tercatat hampir 8.000 warga asal Bugbug tersebar di sejumlah tempat, diantaranya di Gerokgak, Buleleng, Sukasada dan Sawan. Terbesar komunitas warga Bugbug bermukim di Kelurahan Kampung Anyar dan Kelurahan Kampung Baru, Singaraja, Kecamatan Buleleng termasuk di Desa Pancasari Kecamatan Sukasada. (DN – TiR)

Berita Terkait

Kabar Buleleng 440430700220435096

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item