Gubernur Bali Respon Cepat Berita Kemiskinan Dadong Suma asal Bangli

Bangli, Dewata News. Com - Berita tentang keadaan Ni Wayan Suma atau yang lebih dikenal dengan Dadong Suma beserta keluarganya yang kur...


Bangli, Dewata News. Com - Berita tentang keadaan Ni Wayan Suma atau yang lebih dikenal dengan Dadong Suma beserta keluarganya yang kurang mampu di media cetak direspon  Gubernur Bali Made Mangku Pastika. Melalui Biro Humas Setda Provinsi Bali, Pastika mengirimkan tim untuk memberikan bantuan untuk meringankan beban keluarga tersebut.

Tim Humas yang langsung menyambangi rumahnya di Banjar/Kelurahan Kawan, Kota Bangli, Rabu (26/10) mendapati rumah Dadong Suma yang nyaris roboh dan atapnya terlihat bocor di sana-sini, bahkan lantainya sudah terkelupas juga. Lebih parah lagi, rumah berukuran kecil itu tidak dilengkapi dengan fasilitas listrik, bahkan untuk keperluan memasak pun terpaksa dilakukan di teras rumahnya karena tidak ada tempat lagi digunakan untuk dapur.

Kesehariannya Dadong Suma tinggal bersama anaknya Nengah Wijana (44), menantu Ni Wayan Karuni beserta kedua cucunya I Wayan Setiawirawan (14) dan Ni Nengah Widiantari (13). Untuk memenuhi biaya hidup sehari-hari, dia hanya mengandalkan hasil dari berjualan canang di depan RSU Bangli, dengan dibantu oleh anaknya yang hanya menjadi buruh tani. Ia menjelaskan jika sudah ada tim dari pemerintahan yang mengecek kondisi rumahnya, namun hingga saat ini bantuan bedah rumah maupun rehab tidak kunjung diterima.

Sementara itu Lurah Kelurahan Kawan, Sulis Udiyana yang didampingi oleh Kepala Lingkungan Nengah Sujena menyatakan jika keluarga Dadong Suma sudah didaftarkan sebagai warga penerima bantuan bedah rumah, namun tidak lolos verifikasi dari tim Dinas Sosial Pemprov Bali. Untuk bantuan lain juga pihaknya sudah berusaha mengusulkan ke Pemkab Bangli, namun hingga saat ini memang Dadong Suma jarang tersentuh bantuan.

Kepala Dinas Sosial Pemkab Bangli Nengah Sukarta yang ditemui di kantornya menyatakan jika memang rumah Dadong Suma tidak masuk 14 kriteria penerima bedah rumah dari Dinas Sosial Pemprov Bali. Hal itu dilihat dari tembok yang sudah terbuat dari batako dan lantai tidak dari tanah. Lebih lanjut dijelaskan tahun ini Kabupaten Bangli kebagian 514 bantuan bedah rumah, yang terdiri dari 200 bantuan bedah rumah dari Pemprov Bali dan sisanya dari Pemkab Bangli. “Jika Dadong Suma memang tidak termasuk di dalamnya, berarti ada keadaan rumah yang lebih parah yang harus mendapatkan penanganan yang lebih cepat,” pungkasnya.

Sementara tim Biro Humas menyerahkan bantuan cepat pada pagi itu berupa beras dan uang tunai. Untuk bantuan berikutnya pihaknya akan koordinasikan lebih lanjut kepada Dinas terkait, yaitu Dinas Sosial Prov Bali. 

Berita Terkait

Kabar Bangli 8744627440954161392

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item