Bupati PAS Kunker ke Kecamatan Sawan dan Sukasada

Buleleng, Dewata News. Com —  Proyek pembangunan Monumen ”Puputan Jagaraga” untuk mengenang perjuangan heroik Patih Jelantik dan Jro ...



Buleleng, Dewata News. Com —  Proyek pembangunan Monumen ”Puputan Jagaraga” untuk mengenang perjuangan heroik Patih Jelantik dan Jro Jempiring dari Kerajaan Buleleng ketika melawan penjajah Belanda yang berlokasi di Desa Jagaraga, menjadi sasaran awal dari kegiatan kunjungan kerja (kunker) hari kedua Bupati Putu Agus Suradnyana beserta rombongan di wilayah Kecamatan Sawan dan Kecamatan Sukasada, Kamis (06/10).

Memasuki areal pembangunan Monumen ”Puputan Jagaraga” pagi itu, Bupati Putu Agus Suradnyana didampingi Wabup Nyoman Sutjidra dan Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna diikuti seluruh pimpinan SKPD dilingkungan Pemkab Buleleng, termasuk para pimpinan BUMD milik pemerintah daerah Buleleng.

Proyek pembangunan Mnumen Perang ”Puputan” Jagaraga ini dibiayai menggunakan APBD Buleleng Tahun 2016 sebesar Rp13.841.359.000 dengan penanggungjawab Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng.

Dari proyek pembangunan penuh makna perjuangan mengsir penjajah Belanda dari rakyat Buleleng, khususnya rakyat Jagaraga,ketika masih jaman kerajaan itu, bupati dan rombongan melanjjutkan perjalanan meninjau pelaksanaan pembangunan rehab Puskesmas Sawan II di Desa Sawan.


Pekerjaan rehab Puskesmas Sawan II ini dengan anggaran biaya Rp310.453.000 sudah selesai 100 persen, sehingga tinggal finishing saja, dengan penanggungjawab pekerjaan Kepala Dinas Kesehatan Buleleng.

Setelah itu, bupati yang akrab disapa PAS darn rombongan dengan lancer menyusuri program peningkatan jalan SP3 Sangsit-Menyali-Sawan, karena pelaksanaannya sudah selesai dikerjakan dengan nilai proyek sebesar Rp5.289.242.000.

Sebelum beranjak dari wilayah Kecamatan Sawan, Bupati PAS didampingi Wabup Sutjidra dan Ketua DPRD Buleleng Gede Surpriatna dan para Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Buleleng megadakan tatap muka dengan masyarakat di Lapangan Desa Menyali.

Kegiatan tatap muka ini, seperti diungkapkan Bupati :PAS sebelumnya, bahwa kegiatan kunker tidak saja untuk melihatproyek pembangunan yang sedang dikerjakan maupun sudah tahap penyelesaian di tahun 2016 ini, melainkan sekaligus menyerap aspirasi masyarakat untuk bahan pertimbangan dalam program pembangunan selanjutnya.

Sebelum mengakhiri acara tatap muka, Bupati PAS menyerahkan sejumlah bantuan alat pertanian secara simbolis untuk subak yang ada di wilayah Kecamatan Sawan, Di antaranya, bantuan berupahand sprayer untuk 4 subak di wilayah Kecamatan Sawan.

Selain itu, Bupati PAS yang juga didampingi unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah itu juga menyerahkan bantuan 1 unit mobil pengangkut sampah untuk Desa Bebetin. Disamping itu juga diserahkan bantuan 5 buah kursi roda kepada para penyandang cacat di Kecamatan Sawan. Penyerahan bibit kopi robusta untuk kelompok tani di Desa Lemukih, dan diakhiri dengan penyerahan akta kelahiran, akta perkawinan, dan akta kematian yang keseluruhan untuk Kecamatan Sawan berjumlah 294 lembar.

Sementara itu dari kegiatan kunker di wllayah Kecamatan Sawan, Bupati PAS dan rombongan beranjak ke wilayah Kecamatan Sukasada diawali denan meninjau poryek. pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Sukasada, di Kelurahan Sukasada.

Proyek pembangunan RTH tahap pertama yang dibangun pada lahan seluas 22.016 m2 ini sudah mencapai progres realisasi 40 persen. Nilai kontrak RTH Sukasada tahap pertama ini sebesar Rp.4.781.429.000 dari Pagu DPA sebesar Rp5.070.444.000.

Kegiatan proyek pembangunan RTH di Sukasada ini, dengan penanggungjawab Kepala Dinas Kebersihan dan Pertanaman (DKP) Buleleng diberikan tenggang waktu pelaksanaan tahap pertama ini selama 180 hari kalender mulai dari 30 Juni 2016 sampai 26 Desember 2016 nanti.

Usai meninjau pembangunan RTH Sukasada, agenda dilanjutkan untuk meninjau pengadaan sarana air bersih di Desa Pegadungan, Kecamatan Sukasada. Pengadaan sarana air bersihyang berlokas di Banjar Pasut Katiasa ini, berupa bak penampungan air sebanyak 5 unit, dengan biaya Rp144.162.000 dari dana ADD.

Dari proyek pengadaan sara air bersih, Bupati PAS dan rombngan meninjau pelaksanaan finishing gedung kantor Perbekel atau Kepala Desa Pegadungan yang juga memanfaatkan dana ADD sebesar Rp180.690.000,--

Setelah itu, Bupati PAS beserta rombongan melakukan tatap muka dengan masyaraka di wilayah Kecamatan Sukasada.

Bupati PAS ketika ditemui usai kegiatan kunker mengatakan, dengan telah dilaksanakan kegiatan ke desa memonitoring dan evaluasi geliat pembangunan, sekalgus dapat menyerap aspirasi masyarakat tentang potensi dan permasalahan dalam pembangunan. (DN – TiR).—

Berita Terkait

Kabar Buleleng 6223227038713994798

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item