Alay” Banjar Tegal, Raja Pekorot JCI 2016

Buleleng, Dewata News.com — Tim pekorot ”Alay” dari| Kelurahan Kelurahan Banjar Tegal, Buleleng jadi ”new comer” Juara Pekorot, Gede S...


Buleleng, Dewata News.com — Tim pekorot ”Alay” dari| Kelurahan Kelurahan Banjar Tegal, Buleleng jadi ”new comer” Juara Pekorot, Gede Sutada alias Janur yang sekaligus dinobatkan sebagai ”Raja Pekorot” JCI 2016 setelah dalam grand final Buleleng Mekorot Festival (BMF) 2016 mengkandaskan sang jawara bertahan 2015, Komo di Stadion Mayor Metra Singaraja.           
                                .
Sebagai ”Raja Pekorot” Janur berhak atas hadiah sebuah ”Bungkung” atau  Cincin sebagai lambang kedigjayaan pendekar pekorot di Kabupaten Buleleng.

”Saya tidak nyangka bisa menantang Komo juara bertahan raja pekorot di grand final, apalagi menang dengan skor 2-1 seperti saat ini, seperti sebuah mimpi bisa menjadi juara. Tidak ada persiapan khusus, memang sengaja saya pancing agar mau mekorot di ketinggian 500 meter, lebih bagus lagi jika di ketinggian 300 meter,” ujar Janur usai terima.hadiah BMF 2016.

Menurut Ketua Panitia BMF Anak Agung Wedatama, mekorot merupakan warisan tradisi masyarakat Buleleng. Kegiatan ini digelar untuk melestarikan permainan tradisional terutama layang-layang. Total hadiah yang disediakan oleh pihak panitia mencapai Rp10 juta.

“Bagi para pemenang kami siapkan hadiah berupa piala, medali dan uang pembinaan, dan spesial untuk kategori Champion yang mempertandingkan Raja Pekorot 2015 dan juga Raja Pekorot 2016 selain hadiah berupa uang pembinaan mereka juga berhak membawa pulang sebuah Cincin. Acara sebagai upaya pelestarian tradisi, permainan modern semakin merebak, permainan tradisional kadang selalu diabaikan. Kami ingin mengubah ‘mind set’ itu dalam benak masyarakat, permainan tradisional menyenangkan kok,” ujar Ketua Panitia Anak Agung Wedatama Putra. (DN – TiR).

Berita Terkait

Kabar Buleleng 4373064830331529313

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item