Tradisi Munjung Warnai Perayaan Galungan

Buleleng, Dewata News.com —  Tradisi munjung digelar umat Hindu di Kota Singaraja, Kabupaten Buleleng, dengan mengunjungi kuburan atau...


Buleleng, Dewata News.com —  Tradisi munjung digelar umat Hindu di Kota Singaraja, Kabupaten Buleleng, dengan mengunjungi kuburan atau 'setra' dan membawa sesajen seusai melaksanakan persembahyangan di beberapa pura pada Hari Raya Galungan, Rabu (07/09).

"Dalam Lontar Medang Kemulan dan Usana Dewa disebutkan bahwa umat Hindu yang masih memiliki sanak keluarga yang sudah meninggal namun belum melaksanakan upacara ngaben, maka mereka wajib mengunjunginya dengan membawa sesajen dan makanan atau 'punjung'," kata Ketua Paruman Walaka Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Buleleng, Dewa Nyoman Suardana di Singaraja.

Tradisi nyekar itu biasanya dilakukan setelah umat melaksanakan persembahyangan serangkaian Galungan ke pura keluarga (merajan) dan leluhur, serta pura-pura lainnya.

Dia mengatakan bahwa selama jasad masih dikubur, dan belum dilaksanakan upacara 'Ngaben' atau pembakaran jenazah bagi umat Hindu, maka sanak keluarga yang masih hidup wajib mendatangi kuburan anggota keluarganya karena arwah mereka diyakini masih belum menyatu dengan Ida Sang Hayang Widhi.

Beberapa kuburan di Singaraja seperti di kuburan atau Setra Desa Pakraman Buleleng yang terletak di Jalan Gajah Mada, sejumlah umat Hindu menghaturkan sesajen 'punjung' berupa buah dilengkapi hiasan bunga serta janur.

'Punjung' yang dibawa, dikhususkan bagi orang yang telah meninggal dandiletakkan di atas gundukan tanah. Selain 'punjung', umat Hindu biasanya membawa makanan, yang merupakan makanan kesukaan sanak keluarganya semasa hidupnya. (DN – TiR).—

Berita Terkait

Kabar Buleleng 7094861210021004491

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item