Deputi Kementerian Pariwisata Prof. Pitana Buka Festival Lovina 2016

Buleleng, Dewata Newscom — Pemukulan gong yang dilakukan Deputi Bidang Pengembangan dan Pemasaran Kementrian Pariwisata RI, Prof. I Ged...


Buleleng, Dewata Newscom — Pemukulan gong yang dilakukan Deputi Bidang Pengembangan dan Pemasaran Kementrian Pariwisata RI, Prof. I Gede Pitana menandai dimulainya Festival Lovina Tahun 2016 di panggung terbuka pantai Bina Ria, Desa Kalibukbuk, Lovina, Sabtu (10/09) malam.

     Festival yang digelar secara rutin oleh Pemkab Buleleng melalui steackholder Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Buleleng mengusung tema ”The Hidden Beauty Of Lovina” atau Kecantikan Lovina yang Tersembunyi.

     Prof. I Gede Pitana mengharapkan, kehadiran event tersebut di bulan September bisa terus meningkatan kunjungan wisata ke Kabupaten Buleleng.  Namun, Pitana berharap, pelaksanaan Festival Lovina maupun festival lainnya akan lebih diselenggarakan sexaea swadaya oleh masyarakat maupun komunitas, sedangkan pemerintah cukup sebagai motivator, maupun fasilisator.

      ”Dan penyelenggaraan secara swadaya oleh masyarakat sudah dibuktikan pada pelaksanaan festival di Jember, Banyuwangi, maupun di Sanur dan Ubud,” ungkapnya.

       Prof. Witana yang mengaku belasan minum air di Buleleng ini mengatakan, pelaksanaan Festival Lovina yang dirangkaikan dengan Sail Indonesia ini merupakan event dan festival yang digelar di Bali Utara itu penting, untuk menaikkan jumlah orang yang mengeksplorasi kawasan di Bali Utara.

     "Selama ini yang berkembang pesat di Bali Selatan, maka Festival Lovina 2016 ini bisa memperkenalkan potensi pariwisata di Bali Utara. Salam Pesona Indonesia,” imbuhnya.

      Sementara sambutan selamat datang Bupati Putu Agus Suradnayana mengatakan, Festival Lovina digelar lima hari dan lebih lama dari festival sebelumnya, karena ada dua gelombang kapal yacth yang berlabuh diperairan laut Lovina. Sehingga diharapkan para peserta dari Sail Indonesia tersebut bisa menikmati pesona budaya yang ada di Kabupaten Buleleng dan bisa mengajak rekan-rekan lainnya datang ke Buleleng ditahun mendatang.

    "Event kali ini lebih variatif dari tahun sebelumnya, sehingga diharapkan pariwisata di kawasan Lovina dan sekitarnya terus menggeliat dan menarik bagi wisatawan asing berkunjung ke Lovina," kkata Bupati PAS.

     Bupati PAS juga menambahkan, Festival Lovina ini bertujuan untuk membangkitkan industri pariwisata di Buleleng, khususnya di Lovina sebagai Ikon Pariwisata Bali Utara dengan memanfaatkan potensi-potensi yang dimiliki Buleleng dalam berbagai bidang, termasuk memberdayakan warga masyarakat sebagai penyangga kawasan Lovina.

   ”Jadi ini juga ikon pantai kami di Buleleng," imbuhnya

    Asisten II Setkab Buleleng Ida Bagus Geriastika selaku Ketua Panitia Festival Lovina mengatakan, pada festival kali ini berbagai kerajian, kuliner dan juga kesenian ditampilkan selama lima hari pelaksanaan.  Termasuk event Buleleng mekorot dan juga full moon party juga ikut meramaikan pelaksanaan Festival Lovina.

    "Festival Lovina untuk membangkitkan potensi yang dimiliki Lovina dan daerah sekitar sebagai penyangga kawasan pariwitasa Lovina, sehingga bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Buleleng," ucapnya

    Sementara itu sekapur sirih disampaikan perwakilan peserta Yacht, yakni Mr.Paul didampingi Ms.Sue From Ous Borne Stars yang mengaku sangat senang berada di Buleleng, karena keramahtamahan masyarakat kepada para wisatawan. Dirinya juga melihat pulau Bali sangat penuh warna dan eksoti,k sehingga sangat dinikmati betul berada di Bali.

    Penyelenggaraan Festival Lovina dengan Kepala Disbudpar Buleleng ”anyar”, yakni Nyoman Sutrisna tampak lebih semarak, di banding pelaksanaan sebelumnya. Beragam kegiatan-pun merupakan inovatif Kadisbudpar Nyoman Sutrisna, seperti acara simbolis pelepasan Tukik, di samping penyerahan bendera kepada Kelompok Konservasi untuk mengadakan penanaman Terumbu Karang .

    Lebih unik lagi, adanya parade laut yang dilepas Wakil Bupati Nyoman Sutjidra didampingi Sekda Dewa Ketut Puspaka dibarengi dengan melepaskan ikan. (DN – TiR)

Berita Terkait

Kabar Buleleng 3834003257934102474

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item