TPID Bali Galakkan Operasi Pasar Untuk Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Hari Raya

Karangasem, Dewata News. Com -  Dalam upaya menjaga kestabilan harga khususnya menjelang hari raya keagamaan Galungan, Kuningan serta ...


Karangasem, Dewata News. Com - Dalam upaya menjaga kestabilan harga khususnya menjelang hari raya keagamaan Galungan, Kuningan serta Idul Adha  mendatang, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Bali gencar melakukan operasi pasar kebutuhan pokok sekaligus  memastikan bahwa stok barang serta distribusi barang lancar. Demikian disampaikan oleh Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta selaku Ketua TPID Bali disela sela sidak pasar  di Pasar Desa Muncan Kecamatan Selat Kabupaten Karangasem  Rabu (31/8). 

Lebih lanjut Sudikerta juga meminta masyarkat untuk tidak berbelanja secara berlebihan menjelang hari raya  dan disesuaikan dengan kebutuhan. Disamping itu, Wagub juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan  pekarangan yang ada di areal rumah masing masing untuk ditanami dengan tanaman yang bermanfaat seperti bumbu dapur sehingga tidak semua bahan tersebut harus dibeli. 

“Menjelang hari raya besar ini saya mengajak masyarkat untuk berbelanja sesuai kebutuhan dan tidak kalah penting mulai memanfaatkan areal pekarangan yang ada di rumah untuk menanam tanaman bumbu dapur sehingga tidak semua bahan kita beli, dan dengan demikian kestabilan harga tetap akan terjaga, “ imbuhnya.

Selain meninjau pelakasanaan operasi pasar Wagub yang melihat kondisi Pasar Muncan yang kondisi bangunannya sudah tua dan kurang terawat, Wagub Sudikerta meminta agar Pemkab Karangasem berkoordinasi dengan Pemprov Bali serta pemerintah pusat  untuk merevitalisasi bangunan pasar dan juga mengingatkan para pedagang untuk selalu  menjaga kebersihan pasar. 

“Pasar tradisional memegang peran penting dalam menggerakkan ekonomi masyarakat desa, untuk itu saya minta pasar ini direvitalisasi segera dan dijaga kebersihannya sehingga baik pedagang maupun pembeli akan merasa nyaman berbelanja di pasar tradisional, “ tuturnya. 

Wagub Sudikerta yang didampingi oleh Ketua Majelis Utama Desa Pekraman ( MUDP) Jero Gd Putus Suwena Upadesa , Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemprov Bali Ni Wayan Kusumawati , Direktur Rumah Sakit Indera Provinsi Bali dr. Ni Made Yuniti  serta Kepala Desa Muncan I Gusti Lanang Ngurah juga sempat berdialog dengan para pedagang pasar dan dari hasil dialog terpantau harga kebutuhan pokok di pasar masih stabil. Sidak pasar kali ini juga dirangkai dengan kegiatan pasar murah dan pemeriksaan mata gratis dan pembagian kaca mata gratis kepada masyarkat  yang dilaksanakan di halaman Kantor Perbekel Desa Muncan. 

Dalam operasi pasar yang  diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemprov Bali mendapat antusiame tinggi dari masyarakt dijual berbagai kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, telor, gula pasir    dan termasuk gal elpiji 3 kg yang djual seharga Rp. 14.500,00 per tabungnya. Dalam kesempatan itu pula dibagikan   kaca mata gratis  sebanyak 200 kaca mata oleh Rumah Sakit Indera Provinsi Bali.  (DN - HuM)

Berita Terkait

Breaking News 6921274827173606807

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item