Optimalkan Program Bali Green Province, Wagub Sudikerta Dorong Kinerja BLH - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

8/16/16

Optimalkan Program Bali Green Province, Wagub Sudikerta Dorong Kinerja BLH

 
Denpasar, Dewata News. Com - Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta mendorong kinerja jajaran Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Bali agar lebih optimal dalam mengawal program Bali Green Province (BGP). Penekanan tersebut disampaikannya saat memberi pengarahan kepada seluruh jajaran BLH, Selasa (16/8). 
 
Dalam pengarahan yang berlangsung di Aula Pertemuan Kantor BLH Bali, Wagub Sudikerta kembali mengingatkan bahwa Bali Green Province merupakan bagian penting dalam Program Bali Mandara. Kata Sudikerta, BGP merupakan kegiatan di bidang pelestarian lingkungan yang menjadi salah satu prioritas dalam pelaksanaan Program Bali Mandara. Dia memahami, upaya untuk mewujudkan Bali sebagai pulau yang hijau tak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu kerja keras dan dukungan dari berbagai pihak, khususnya jajaran BLH agar cita-cita itu dapat segera diwujudkan.

Sudikerta juga menjelaskan bahwa upaya pelestarian lingkungan harus diawali komitmen dari dalam diri sendiri. “Mulai dari hal-hal kecil di lingkungan keluarga seperti menanam tumbuhan yang bermanfaat untuk kebutuhan rumah tangga seperti cabai dan yang lain,” ujarnya. 
 
Untuk tanaman seperti itu, ujar Wagub, tak membutuhkan media tanam yang luas dan bisa memanfaatkan pot. Selain menanam tumbuhan bermanfaat, upaya menjaga kebersihan di lingkungan rumah juga merupakan sumbangsih dalam program BGP. “Setelah menerapkan di lingkungan rumah, lanjut ketoktularkan ke lingkungan sekitar,” ujar Wagub seraya menggugah komitmen dan kepedulian seluruh komponen masyarakat dalam mendukung keberhasilan program ini.

Pada bagian lain, Sudikerta mengapresiasi sejumlah langkah strategis yang dilaksanakan jajaran BLH Bali dalam mengawal Program BGP. Suasana lingkungan kantor yang tertata asri dan bersih menjadi salah satu indikator keseriusan jajaran BLH dalam mengawal program Bali Mandara di bidang lingkungan. Untuk itu, jajaran BLH diharapkan dapat menjadi contoh penataan lingkungan kantor bagi SKPD lain. Di sela-sela melakukan pembinaan, Sudikerta juga menyempatkan diri meninjau taman BLH yang tertata begitu apik. Selain tanaman hias, BLH Bali juga membudidayakan sejumlah tumbuhan langka yang bermanfaat untuk kebutuhan yadnya.

Menjawab harapan Wagub Sudikerta, Kepala BLH Bali Gede Suarjana menegaskan komitmennya dalam mengawal keberhasilan Program Bali Green Province. Komitmen itu antara lain tertuang dalam keseriusan jajarannya mewujudkan eco office di lingkungan kantor BLH. Selain gencar dalam memerangi sampah plastik, BLH Bali juga terus melaksanakan berbagai antara lain pembuatan lubang biopori yang saat ini jumlahnya sudah mencapai 250 ribu buah. “Tahun 2016 kami menargetkan pembuatan 50 buah lubang biofori,” pungkasnya. (DN - HuM)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com