Gubernur Pastika Minta Pameran Pembangunan Disajikan Lebih Informatif, Edukatif dan Rekreatif

Denpasar, Dewata News. Com -  Pelaksanaan pameran Pembangunan yang rutin digelar setiap tahunnya di bulan Agustus sebagai agenda pering...


Denpasar, Dewata News. Com - Pelaksanaan pameran Pembangunan yang rutin digelar setiap tahunnya di bulan Agustus sebagai agenda peringatan Hari Jadi ke-58 Provinsi Bali, dan Hari Ulang Tahun ke-71 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, merupakan wahana yang tepat guna memantapkan semangat kebangsaan dan nasionalisme, serta meningkatkan rasa cinta dan bangga kepada daerah dan tanah air, bagi seluruh komponen bangsa. 

Disamping itu  penyelenggaraan Pameran pembangunan juga memegang peran  penting dalam upaya memberikan informasi kepada masyarakat tentang hasil dari pembangunan serta sekaligus merupakan penentuan terhadap hal hal apa saja yang bisa dilakukan kedepannya untuk membangun Bali. Penyelenggaraan dari pameran pembangunan yang digelar rutin ini diharapkan disajikan  secara lebih Informatif, Edukatif, dan Rekreatif daripada tahun-tahun sebelumnya. 

Demikian disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika saat memberi sambutan dalam pembukaan Pameran Pembangunan Provinsi Bali Tahun 2016 di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya ,Denpasar ,Minggu (14/8). 

Lebih jauh Pastika menyampaikan khususnya dalam era keterbukaan informasi saat ini, masyarakat sebagai subyek pembangunan, wajib disajikan informasi program dan capaian pembangunan daerah secara lengkap dan objektif, sekaligus sebagai upaya meningkatkan partisipasi masyarakat didalamnua. Pastika juga mengajak seluruh unsur Pemerintah di Provinsi Bali, untuk lebih fokus bekerja dalam upaya mempercepat realisasi program-program pembangunan, sekaligus bermakna mempercepat pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Untuk itu orang nomor satu di Bali ini menginstruksikan kepada jajarannya di lingkungan Pemprov Bali untuk mengunjungi pameran ini secara bertahap sehingga jajarannya akan tahu hal hal apa saja yang telah dilakukan SKPD lain sehingga akan tercipta integrasi serta satu visi dan misi dalam membangun Bali.

"Saya minta kepala SKPD secara bertahap menugaskan staf dan pejabatnya untuk mengunjungi pameran ini, sehingga antar SKPD akan terbentuk sinergi , integrasi serta satu visi dan misi dalam membangun Bali, ada gambaran akurat tentang apa yang sudah  dilakukan dan apa yang harus dilakukan kedepannya," imbuhnya. 

Selain itu dalam upaya mengintegrasikan semua program dan mensukseskan program pembangunan juga diharapkan adanya  partisipasi yang optimal dari masyarakat untuk mendorong akselerasi program pembangunan tersebut. 

"Pameran ini adalah salah satu upaya kita dalam membangun partisipasi masyarakat tersebut, Saya berharap semua materi, pesan dan informasi agar dikemas seatraktif mungkin, sehingga dapat memberikan gambaran  menarik sekaligus komprehensif, tentang hasil-hasil pembangunan bagi masyarakat," pungkasnya. 

Terkait dengan berbagai kegiatan yang dirangkaikan dalam  pameran ini, orang nomor satu di Bali ini berharap agar kegiatan tersebut mengandung substansi yang terintegrasi dengan makna dari tema pameran, yaitu turut membangun karakter masyarakat Bali, khususnya generasi muda, dengan tetap berpijak pada konsep pengembangan dan penguatan nilai-nilai budaya Bali. 


Dalam kesempatan tersebut Pastika juga mengapresiasi adanya  partisipasi dari  kalangan Usaha dan Industri Mikro Kecil dan Menengah dalam Pameran ini, dan berharap para   pelaku UKM dan IKM dapat memanfaatkan kegiatan ini sebagai ajang promosi dan akan mampu memotivasi tumbuh-kembangnya UKM dan IKM di pelosok perdesaan, sehingga dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat dan dengan demikian akan  mewujudkan peningkatan dan pemerataan pendapatan, dan akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bali secara menyeluruh. Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi Provinsi Bali , Ketut Artika, sebagai Ketua Panitia Pameran Pembangunan Pemprov Bali 2016  bahwasannya tujuan pelaksanaan pameran pembangunan selain sebagai media untuk menyampaikan capaian pembangunan dan evaluasi pelaksanaan pembangunan kedepannya, pelaksanan pameran pembangunan jga diharapkan sebagai media promosi UKM dan IKM serta media pendidikan dan hiburan bagi masyarakat Bali. 

Dalam pelaksanaan pameran pembangunan yang akan diselenggarakan selama 10 hari dari tanggal 14-23 Agustus 2016 dan diikuti oleh sekitar 153 stan yang terdiri dari stan instansi pemerintahan baik pusat maupun SKPD di lingkungan Pemprov Bali, BUMD,BUMN serta pengrajin binaan Dekranasda Provinsi Bali ini juga akan diisi dengan partisipasi lukisan dari seniman kabupaten Badung, Gianyar dan Klungkung ,serta pertunjukan rakyat serta kuliner. Pembukaan pameran yang juga dihadiri oleh Ny.Ayu Pastika,Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta,Ny.Dayu Sudikerta , Sekda Prov Bali Cokorda Pemayun, Anggota Forkompimda Provinsi Bali serta Kepala SKPD di lingkungan Pemprov Bali ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Bali.Usai pembukaan pameran pembangunan  dilanjutkan dengan pemotongan pita pembukaan stan pameran oleh Ibu Ayu Pastika serta peninjauan stan pameran oleh Gubernur beserta rombongan. (DN - HuM)

Berita Terkait

Breaking News 6485211033504484203

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item