Gubernur Pastika Jamu Delegasi Pertemuan Penyelenggara Pemilu se-Asia

Denpasar, Dewata News. Com -  Gubernur Bali Made Mangku Pastika menjamu para delegasi dari negara-negara Asia yang tengah mengikuti ...


Denpasar, Dewata News. Com - Gubernur Bali Made Mangku Pastika menjamu para delegasi dari negara-negara Asia yang tengah mengikuti Asian Electoral Stakeholder Forum (AESF) III. Dalam jamuan makan malam yang berlangsung di Halaman Gedung Jayasabha, Selasa (23/8), Pastika menyampaikan selamat datang kepada 100 orang delegasi se-Asia yang menghelat pertemuan di Bali dari tanggal 22 hingga 26 Agustus 2016. Dia juga mengapresiasi dan berterima kasih atas terpilihnya Bali sebagai tuan rumah pertemuan yang diikuti oleh badan penyelenggara dan lembaga penggiat Pemilu se-Asia tersebut.


Pastika berharap, suasana dan vibrasi Bali memberi inspirasi bagi para peserta dalam berdiskusi serta menghasilkan rumusanyang bermanfaat bagi perkembangan politik dan demokrasi di kawasan Asia. Menurut Pastika, keberadaan lembaga penyelenggara pemilu di setiap negaramemiliki peran yang sangat penting danstrategis

“Para pemimpin yang dihasilkan dari sebuah proses pemilihan umum sangat ditentukan oleh kinerja dan profesionalisme jajaran penyelenggara pemilu. Karena lembaga inilah yang membuat aturan main dalam proses pemilihan. Sebagai Gubernur yang dipilih secara langsung, saya menyadari sangat banyak tahapan yang harus dipersiapkan oleh lembaga ini,” urainya. 

Mengingat begitu strategisnya peran lembaga tersebut, Pastika berharap para peserta memanfaatkan forum ini untuk bertukar pengalaman dan berbagi ilmu yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu di negara masing-masing. Pada bagian lain, Pastika juga mengajak para delegasi meluangkan waktu untuk menikmati keindahan alam dan keragaman budaya Bali.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Juri Ardiantoro dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kesediaan Gubernur Pastika menjamu para delegasi. Kata Juri, AESF merupakan pertemuan para penyelenggara pemilu kawasan Asia yang sudah digelar untuk ketiga kalinya. Sebelumnya, ujar dia, pertemuan serupa sudah pernah dilaksanakan di Bangkok dan Timor Leste. Menurut dia, AESF merupakan forum yang sangat strategis dalam mendorong peningkatan kualitas demokrasi di kawasan Asia. Berkesempatan menjadi tuan rumah, KPU RI akan memanfaatkan forum ini untuk menunjukkan pada dunia internasional tentang penyelenggaraan pemilu di Indonesia yang telah berjalan dengan baik. 

“Kita juga ingin mempromosikan bahwa Pemilu di Indonesia telah dilaksanakan secara terbuka,” imbuhnya. 

Dalam jamuan makan malam kali ini, para delegasi disuguhi sejumlah makanan khas Bali seperti sate lilit dan betutu. Jamuan makan malam  diakhiri dengan tukar menukar cendera mata dan foto bersama seluruh delegasi. (DN - HuM)

Berita Terkait

Breaking News 5907581428660652460

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item