Mesucian ke ”Tepining” Segara Buleleng Serangkaian Piodalan di Pura Jagatnatha

Buleleng,  Dewata News.com   — Serangkaian Piodalan ke-23 Pura Agung Jagatnatha Singaraja, Buleleng, Senin (18/07) sore dilaksanakan pr...


Buleleng, Dewata News.com — Serangkaian Piodalan ke-23 Pura Agung Jagatnatha Singaraja, Buleleng, Senin (18/07) sore dilaksanakan proses melasti atau mesucian ke tepining segara yang dipusatkan di Pura Segara Buleleng.
                                   
     Sedangkan puncak Piodalan Pura Agung Jagatnatha Singaraja jatuh pada hari Selasa (19/07), yakni Purnama Kasa Anggara Kajeng Kliwon Kulantir.
 
    Upacara mesucian ke tepining  ke segara Buleleng sore itu, juga tampak diikuti oleh Kelian Desa Adat Pakraman Buleleng Nyoman Sutrisna maupun Ketua MGPSP
 

    Ketua Pengempon Pura Agung Jagatnatha menjelaskan, ada tiga hal yang ditekankan, sekaligus menjadi tema dalam piodalan tahun ini, yakni Suci, Bersih dan Asri.
 
   Dari tema dimaksud, mengandung makna skala dan niskala, serta mengajak umat se-dharma untuk selalu menjaga hubungan baik terhadap sesame, sehingga tercipta keharmonisan dalam kehidupan sehari-hari di antara sesama.
 
   Setelah puncak piodalan, Ida BatharaNyejer selama 9 hari dan selama nyejerpiodalan, masing-masing kecamatan bergilir ngaturang pengayar sebagai wujud kebersamaan dan gotong royong seluruh masyarakat Buleleng. (DN ~ TiR).—

Berita Terkait

Kabar Buleleng 1357213588816315688

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item