Masuki Usia Ke-70, Pastika Berharap Polri Rangkul dan Didik Masyarakat

Denpasar, Dewata News. Com - Di usia yang memasuki 70 tahun  jajaran anggota Polri diharapkan semakin memantapkan eksistensinya menjadi...


Denpasar, Dewata News. Com - Di usia yang memasuki 70 tahun  jajaran anggota Polri diharapkan semakin memantapkan eksistensinya menjadi anggota yang merangkul, mengajak, dan mendidik masyarakat untuk bersama-sama membangun daerahnya. Demikian harapan Gubernur Bali Made Mangku Pastika dalam sambutannya saat menghadiri acara Syukuran Hari Bhayangkara ke-70 bertema Dengan Memperkuat Solidaritas dan Revolusi Mental Polisi Siap Mengamankan Kebijakan Pemerintah di Agung Ballroom Hotel Grand Ina Bali Beach Sanur, Jumat (1/7). 

"Melalui momentum ini saya mengajak saudara-saudara sekalian, marilah jadi polisi yang merangkul bukan memukul, jadilah polisi yang mengajak bukan yang menginjak, jadilah polisi yang mendidik bukan menghardik," cetus Pastika.

lebih jauh dalam sambutannya, Pastika menyatakan rasio anggota kepolisian di Bali saat ini sudah bagus, tetapi Bali sebagai daerah tujuan pariwisata internasional memiliki permasalahan yang kompleks. Hal tersebutlah yang membuat penanganan Bali menjadi sedikit berbeda dengan daerah lain. Pastika dalam sambutan tersebut juga menyampaikan rencana membantu perbaikan asrama bagi anggota Polri di Bali. 

"Kita harus memikirkan kehidupan anggota Polri agar lebih layak  dengan sarana prasarana yang memadai  sehingga bisa bertugas dengan kepercayaan yang tinggi. Jika sudah memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi, maka tidak akan ada godaan-godaan yang bisa menggoyahkan mereka," ujar Pastika. 

Sementara itu terkait terbentuknya wadah Persatuan Purnawirawan (PP) Polri Daerah Bali dinilai Gubernur Pastika sebagai satu langkah yang bagus, guna mengkaryakan para purnawirawan agar tetap bisa memberikan sumbangsihnya kepada lembaga Polri, masyarakat, bangsa dan negara. 

"Tidak ada istilah laskar yang tidak berguna, para purnawirawan harus tetap eksis, dengan segala kelebihannya, pengalamannya, modal dan pengetahuannya di masa lalu para purnawirawan baik yang baru maupun yang sudah lama harus tetap berkarya," imbuh Pastika. 


Ketua Persatuan Purnawirawan Polri Daerah Bali, Brigjen Pol Purnawirawan I Nyoman Suweta menyatakan semoga di usianya yang ke-70 Bhayangkara Polri semakin matang dan semakin meningkatkan pengabdiannya kepada negara. Ia pun menyatakan HUT Bhayangkara Tahun ini juga akan dirangkaikan dengan acara Tirtayatra ke Pura Mandara Giri Lumajang, Pura Alas Purwo dan sekitarnya yang akan dilangsungkan dari tangga 21 s.d 23 Juli 2016. 

Ia pun turut menyampaikan sedikit sambutan Ketua PP Polri Pusat, yang menyatakan HUT Bhayangkara sebagai momen untuk memperkokoh persaudaraan melalui rasa saling asah, asih, dan asuh di kalangan jajaran anggota Polri. Program yang dijalankan PP Polri guna mendukung Polri pun dijelaskan diantaranya penguatan organisasi, meningkatkan aspek-aspek kesejahteraan purnawirawan, serta peran serta penguatan institusi Polri melalui berbagai kegiatan. 

Sementara itu, Kapolda Bali, Irjen Pol Sugeng Priyanto menyatakan Ajang ini diharapkan menjadi media  introspeksi bagi jajarannya, agar tidak merasa tua di usia HUT ke-70. Ia pun berharap bawahannya bisa meneladani sikap dan semangat para senior, baik yang masih aktif maupun yang sudah purnawirawan seperti Gubernur Bali maupun purnawirawan lainnya. Prinsip menjaga komunikasi pun menurutnya sangat penting  bagi setiap anggota, baik dengan teman satu letting, senior, maupun atasan. 

"Dunia ini sempit, jangan pernah menganganggap enteng, siapa tahu satu orang yang kita abaikan suatu hari nanti bisa menentukan nasib kita," cetus Sugeng Priyanto. 

Kesempatan tersebut pun dimanfaatkan menyampaikan 3 hal penting kepada masyarakat yakni ucapan terimakasih karena tanpa dukungan semua pihak Polri tidak bisa seperti saat ini, selanjutnya permohonan maaf apabila dalam pelaksanaan tugas masih ada kekurangan yang belum memenuhi harapan semua masyarakat ditengah keterbatasan yang dimiliki Polri diantaranya sarana-prasarana yang belum memadai, serta hal terakhir yakni doa restu dari semua pihak agar bisa melayani masyarakat dengan baik. 

Acara Syukuran tersebut turut dirangkaikan dengan berbagai acara lainnya, diantaranya penyerahan daftar Pensiunan per-1 Juli 2016, pelepasan purnawirawan serta pemberian cenderamata oleh Kapolda Bali. Penyerahan Penghargaan kepada Anggota Polri dan Keluarga Besar Polri, yang diantaranya diberikan kepada Alm. Brigadir AA. Putu Sudiarta yang bertugas di Polsek Kuta Utara dan gugur dalam tugasnya menangkap WNA Amokrane, serta kepada Brigadir Nyoman Rindem anggota Polsek Kubu Karangasem yang menderita tuna netra sejak mengalami kecelakaan lalu lintas namun tetap melaksanakan tugas hingga saat ini.

Ketua BK3S, Ny. Ayu Pastika yang kala itu mendampingi Gubernur Pastika, turut memberikan bantuan kursi roda kepada salah seorang anggota Kepolisian yang diterima keluarga Putu Samiun. Bantuan tersebut merupakan satu bentuk perhatian lembaga yang dipimpinnya terhadap dedikasi para anggota Polri.

Acara syukuran turut dihadiri Bupati/Walikota se-Bali, DPRD Provinsi Bali, Anggota Persatuan Purnawirawan, Panglingsir Puri Se-Bali, serta jajaran Kepolisian. (DN - HuM)

Berita Terkait

Breaking News 4112857882662815525

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item