BMKG Serahkan Unit Peralatan Peringatan Dini Bencana Bagi Pemprov Bali

Denpasar, Dewata News. Com -  Badan Meteorologi Klimatologi  dan Geofisika (BMKG) yang dipimpin langsung  oleh Kepala BMKG Dr. Andi Eka...


Denpasar, Dewata News. Com - Badan Meteorologi Klimatologi  dan Geofisika (BMKG) yang dipimpin langsung  oleh Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya menandatangani berita acara penyerah terimaan 3 unit peralatan sirine informasi peringatan dini bencana tsunami kepada Pemprov Bali yang diwakili Gubernur Bali Made Mangku Pastika, bertempat di ruang rapat Gubernur Bali, Senin(18/7). 

Ketiganya yang merupakan barang operasional milik negera ini akan ditempatkan di Kelurahan Serangan Denpasar, Kecamatan Seririt Singaraja dan Desa Kediri Tabanan. Andi Eka Sakya, berharap peralatan yang diserahkan dapat membantu penanggulangan bencana tersebut. Sebagai antisipasi dan pemberian pemahaman kepada warga, kedepannya akan dijadwalkan pelatihan secara berkala, seperti uji coba setiap 1 bulan sekali untuk mengetahui tingkat fungsi peralatan tersebut, maupun setiap 3 bulan sekali yang uji cobanya ikut melibatkan komponen masyarakat. 

Sementara itu, Gubernur Pastika menyampaikan  bahwa musibah bencana alam yang tidak bisa diprediksi datangnya, dan Bali sebagai daerah tujuan wisata internasional memang sudah sepatutnya memiliki peralatan tersebut agar bisa memberikan perasaan aman bagi para wisatawan dan masyarakat Bali. Peralatan tersebut sebagai upaya antisipasi terjadinya bencana tsunami sangat penting, namun dominan masyarakat belum mengetahui keberadaannya dan kurang memahami peringatan yang akan keluar apabila terjadi bencana. 

Oleh karena itu, menurut Gubernur Pastika memang sepatutnya dibarengi dengan pemahaman masyarakat terkait peringatan dan tindakan yang seharusnya diambil saat terjadi bencana sehingga peralatan tersebut berfungsi efektif dalam meminimalisir jatuhnya korban. 

“Bali sebagai daerah wisata memerlukan alat penanggulangan bencana, jualan kita adalah kesiapan, karena kesiapan itu bisa meminimalisir. Piranti lunak sudah ada, tapi terkadang masyarakat belum sepenuhnya tahu dan paham. Jadi diperlukan upaya-upaya agar masyarakat tahu dan paham, sehingga tahu apa yang akan dilakukan saat terjadi bencana," cetus Pastika.

Lebih jauh pada kesempatan itu, Gubernur Pastika juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang sudah terjalin antara BMKG dengan Pemprov Bali. Kedepannya kerjasama yang sudah terjalin tersebut diharapkan Pastika dapat terus ditingkatkan terutama peningkatan bantuan peralatan-peralatan maupun peningkatan SDM yang mengoperasikan peralatan-peralatan tersebut. 

“Semoga kedepan Bali terus mendapat perhatian, bantuan peralatan dengan teknologi semakin canggih terus ditambah, maupun peningkatan kapasitas SDMnya melalui pelatihan-pelatihan,” pungkas Pastika.

Pada kesempatan itu, Gubernur Bali turut didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali, Dewa Indra, serta Kepala Biro Humas Setda Provinsi Bali, I Dewa Gede Mahendra Putra, SH.,MH. (DN - HuM)

Berita Terkait

Breaking News 8275539530119328058

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item