Patroli Polisi Bersepeda Dianggap Solusi Efektif Pengamanan di Perkotaan

Buleleng,  Dewata News.com  — Keberadaan patroli polisi bersepeda mendapatkan tanggapan positif. Patroli bersepeda ini dinilai bisa men...


Buleleng, Dewata News.com — Keberadaan patroli polisi bersepeda mendapatkan tanggapan positif. Patroli bersepeda ini dinilai bisa menjadi solusi yang efektif untuk area wisata yang padat pengunjung dan berpotensi terjadi kemacetan.
 
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Buleleng, Nyoman Sutrisna, Minggu (26/06) mengatakan, penggunaan sepeda sebagai moda transportasi untuk patroli dinilainya lebih efisien untuk menerobos kemacetan. Kemampuan gerak cepat ini pun dianggapnya cukup efektif untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.
 
Sutrisna mencontohkan area-area padat yang rawan macet seperti di Jalan Diponegoro, yang merupakan jantung Kota Singaraja.
 
Di kawasan Diponegoro itu sering terjadi gangguan yang membuat lokasi Pasar Anyar yang tak jarang mendapat kunjungan wisatawan mancanegara tak nyaman. Mulai dari kendaraan yang parkir sembarangan hingga kemunculan pedagang kaki lima secara liar.  Bahkan, trotoar sebagai tempat pejalan kaki juga memanfaatkannya.
 
Pergerakan yang lebih cepat dengan sepeda itu pun, menurut Strisna, mestinya bisa mendorong polisi untuk mendukung pengelola Pasar Anyar untuk lebih menjamin rasa nyaman para wisatawan.
 
Kapolsek Singaraja, Kompol Nyoman Suarnata mengatakan patroli bersepeda memang lebih efektif digunakan ketimbang sepeda motor terutama di area kemacetan. Mereka dapat bermanuver lebih mudah daripada menggunakan kendaraan bermotor karena bobotnya yang ringan.
 
Setelah melihat efisiensi penggunaannya selama kegiatan rutin yang ditingkatkan, Suarnata kemarin pun mengatakan, anggita dengann patrol bersepeda lebih mudah masuk ke lorong-lorong perkampungan padat penduduk. (DN ~ TiR).

Berita Terkait

Breaking News 8904598316371034396

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item