KPU Buleleng Gelar Uji Coba SILON Pilkada 2017

Buleleng,  Dewata News.com  — Pendaftaran pencalonan bagi partai politik dan perseorangan menuju ajang Pilkada Buleleng Tahun 2017 akan...


Buleleng, Dewata News.com —Pendaftaran pencalonan bagi partai politik dan perseorangan menuju ajang Pilkada Buleleng Tahun 2017 akan dimudahkan dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON). Sebagai tahap awal, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng menggelar uji coba aplikasi tersebut.
 
Uji coba yang dilakukan KPU Buleleng merupakan bagian dari uji coba yang dilakukan oleh 101 satker KPU Kabupaten/kota dan Provinsi se-Indonesia yang menggelar Pilkada 2017 pada Jumat (17/06).
 
KPU Buleleng melakukan uji coba SILON sesuai yang direncanakan dilakukan serentak secara online pukul 09.00 - 15.00 WIB.
 
Dibawah arahan Anggota KPU Provinsi Bali Divisi Teknis, Ni Putu Ayu Winariati, simulasi dibuat menyerupai saat pendaftaran calon dimana telah disediakan semua peran, mulai dari pasangan calon perseorangan dan pasangan calon dari partai maupun gabungan partai politik beserta petugas operator Silon.
 
Putu Ayu Winariati mengatakan, keberadaan aplikasi Silon akan sangat membantu proses pendaftaran saat pencalonan, terutama fitur pengecekan dukungan ganda pada calon perseorangan.
 
"Dengan Silon, pasangan calon dapat mendaftar secara online, hingga meng’input data dukungan calon perseorangan, kemudian Silon dapat mendeteksi adanya dukungan ganda internal maupun ganda antar paslon, sehingga dapat mempercepat dalam verifikasi faktual nantinya," jelas Putu Winariati, dalam kegiatan simulasi di Sekretariat KPU Buleleng, Jumat (17/06).
 
Selama berlangsungnya uji coba ini banyak kendala yang dihadapi, seperti lambatnya jaringan internet, kesiapan aplikasi Silon sendiri yang baru dapat diakses pukul 13.15 WITA.
 
Dalam evaluasinya, Ketua KPU Buleleng Gede Suardana mengatakan, walaupun banyak kendala dari sistem ini tapi secara prinsip dapat memberikan gambaran tentang cara pendaftaran calon dengan silon ini.
 
"Mengingat ini masih uji coba, tentunya ke depan sistem ini akan disempurnakan lagi, dan akan ada supervisi langsung dari KPU pusat pada kegiatan mendatang,” jelas Gede Suardana. (DN ~ TiR)

Berita Terkait

Kabar Buleleng 1619830588714807610

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item