Buka Akses Pendidikan ke Jepang , Pemprov Ajak Rombongan Kumamoto Kunjungi Sekolah Bali Mandara

Buleleng, Dewata News. Com -  Sebagai tindak lanjut dari rencana kerjasama pendidikan Bali dengan Perfektur Kumamoto Jepang, rombongan ...


Buleleng, Dewata News. Com - Sebagai tindak lanjut dari rencana kerjasama pendidikan Bali dengan Perfektur Kumamoto Jepang, rombongan asal Kumamoto yang kemarin sempat beraudensi denga Gubernur Bali Made Mangku Pastika melakukan kunjungan ke SMA/SMK Negeri Bali Mandara dan  diterima langsung oleh Kepala SMA Negeri Bali Mandara I Nyoman Darta. 

Senada dengan Pastika , Darta sangat berharap kunjungan tersebut mampu untuk membuka akses bagi anak didiknya agar bisa melanjutkan studi ke Jepang. Dalam kunjungan yang diterima di aula SMA Negeri Bali Mandara, Kubu Tambahan, Buleleng , pada Rabu (22/6), Darta menjelaskan secara singkat mengenai keunikan SMA/SMK Negeri Bali Mandara yang memang khsusus diperuntukan bagi siswa miskin. 

Para siswa juga tinggal di asrama selama mengenyam pendidikan dimana  biaya dan akomodasinya pun ditanggung penuh oleh Pemerintah Provinsi Bali. Ia juga menjelaskan, sekolah tersebut menganut 2 kurikulum yakni kurikulum nasional dan kurikulum internasional yang diambil dari Cambridge University sehingga para siswanya selain mengikuti Ujian nasional juga bisa mengikuti Ujian Internasional. Saat ini lulusan dari SMA Negeri Bali Mandara telah tersebut di perguruan tinggi ternama di Indonesia dan bahkan sampai ke luar negeri. 

Dan khusus tahun 2016 terdapat 2 orang lulusannya diterima untuk menimba ilmu ke Jepang. Namun kedua siswa tersebut masih terkendala biaya akomodasi di jepang karena kedua siswanya tersebut merupakan anak dari keluarga yang benar – benar tidak mampu dan saat ini mereka sedang belajar Bahasa Jepang. Oleh karena itu, kunjungan dari Kumamoto diharapkan Darta dapat  membantu kedua siswanya tersebut dapat melanjutkan studi ke Jepang.


Selain SMA Negeri Bali Mandara, Darta juga menerangkan tentang SMK Negeri Bali Mandara yang letaknya bersebalahn dengan SMA tersebut. ia menjelaskan bahwa SMK tersebut menganut kurikulum yang digunakan oleh Politeknik Negeri Bali. Dengan adanya SMK tersebut, darta sangat mengharapkan anak didiknya mampu menjadi seorang yang memiliki keahlian dan kemampuan yang baik dalam bidang teknologi. Oleh karena itu, ia juga sangat mengharapkan dukungan akses bagi para siswanya untuk bisa belajar teknologi lebih lanjut di Jepang mengingat Jepang sangat terkenal dengan kemjuan teknologinya.

Sementara itu, Direktur Divisi Hubungan Internasional Kumamoto, Takeshi Koganemaru mengaku sangat terkesan dengan keberadaan  sekolah Bali Mandara, khsusunya berbagai kegiatan yang dilakukan oleh para siswa di sekolah tersebut. Ia juga menyatakan kesiapannya untuk mendukung kerjasama dengan Pemprov bali terkait pengembangan sumber daya manusia dan pendidikan. 

Usai bertemu dan bertatap muka dengan para siswa, delegasi Kumamoto juga menyempatkan diri untuk melakukan penanaman pohon di areal halaman SMA Negeri Bali Mandara. Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan cendera mata dan profil dari SMA/SMK Negeri Bali Mandara yang diserahkan l;angsung oleh kepala SMA Negeri Bali Mandara I Nyoman Darta.

Tidak saja Sekolah Bali Mandara rombongan juga berkesempatan mengunjungi simantri 174 Gapoktan Dharma Pertiwi di Kelurahan Lukluk, Mengwi, Badung. dan UPT Bali Pembibitan Ternak di Baturiti, Tabanan untuk melihat secara langsung proses inseminasi buatan. (DN - HuM)

Berita Terkait

Breaking News 3461177970541148803

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item