Ayu Pastika Minta Dekranasda Kabupaten/Kota Bangun Sinergitas dengan Provinsi

Denpasar, dewata News. Com - Sebagai mitra kerja pemerintah yang bertujuan mengembangkan seni dan hasil kerajinan, sesuai dengan keb...



Denpasar, dewata News. Com - Sebagai mitra kerja pemerintah yang bertujuan mengembangkan seni dan hasil kerajinan, sesuai dengan kebijakan pemerintah, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Provinsi Bali dan Kabupaten/kota se Bali mempunyai  peran penting dalam mendukung produktivitas dan industri kreatif kerajinan Bali. Jajaran pengurus Dekranasda Provinsi Bali dan Kabupaten/kota diminta dapat selalu mensinergikan program sehingga tercipta satu program yang fokus , efektif dan efisien dalam mendukung kemajuan pengrajin Bali. Demikian disampaikan Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ny. Ayu Pastika dalam wawancaranya dengan awak media usai melantik Ketua Dekranasda Kabupaten/ Kota Se -Bali di Gedung Wiswa Sabha Kantor Gubernur Bali Kamis (23/6). 

“ Kita harus jalin sinergitas yang solid antara Dekranasda Provinsi dengan Kabupaten / kota baik itu dalam hal program dan kegiatan. Sehingga tidak terjadi tumpang tindih ,” ujarnya. 

Lebih lanjut Ayu Pastika juga menekankan agar  jajaran Dekranasda senantiasa membangun  koordinasi dan sinkronisasi untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif yang selanjutnya mendorong tumbuh kembangnya industri kerajinan masyarkat. “ Tolong Ditiingkatkan koordinasi yang efektif antar jenjang sehingga program tingkat Provinsi dapat diterjemahkan dan dijabarkan secara efektif di tingkat Kabupaten/kota , “ ujarnya. Ayu Pastika juga meminta  agar kedepannya Ketua Dekranasda yang baru dengan didukung segenap jajarannya mampu merumuskan program yang kreatif, inovatf dan produktif sesuai dengan potensi daerah masing- masing.

Pada kesempatan itu sebanyak enam orang Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota dilantik oleh Ny. Ayu Pastika  yaitu  , Ny. I Wayan Artha Dipa dilantik sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Karangasem,  Ny. I Komang Gede Sanjaya sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Tabanan, Ny. Erik Gianyar sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Bangli, Ny. Seniasih Giri Prasta sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Badung, Ny.  Ida Ayu Selly D. Mantra sebagai Ketua Dekranasda Kota Denpasar serta Ny. Ari Sugianti Artha selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Jembrana. Seusai pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan serah terima jabatan antara Ketua Dekranasda Kabupaten/ Kota sebelumnya kepada Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota yang baru untuk masa jabatan 2016- 2021

Gubernur Bali Made Mangku Pastika selaku Pembina Dekranasda Provinsi Bali yang hadir pada saat itu berharap Dekranasda se Bali mampu menjadi  garda terdepan dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan melalui tumbuhnya UMKM di pedesaan. Partisipasi berbagai komponen dalam wadah Dekranasda adalah cermin adanya komitmen bersama untuk mewujudkan industri kecil dan menengah. Ia juga menekankan tentang pentingnya peningkatan kualitas SDM pengrajin serta hasil kerajianan sehingga mampu bersaing di pasar global. Produk kerajinan krama Bali sebagai hasil olah kreatif yang lahir dari manifestasi artistik nilai- nilai kearifan lokal harus tetap eksis dan memilki daya saing. Dalam pembangunan daerah, produk kerajinan akan menjadi produk unggulan ekspor sehingga nantinya akan turut menyumbang pendapatan daerah yang nantinya akan meningkatkan kesejahteraan masyarkat. 

“Yang harus ditingkatkan adalah kualitas kerajinan bukan kuantitas, kalau disajikan dalam kemasan yang bagus serta disesuaikan dengan selera pasar, kerajinan kita tidak akan kalah saing dan akan tetap eksis, “ imbuhnya.  

Pastika juga meminta agar Dekranasda terus mengadakan pembinaan organisasi sehingga terbentuk kader- kader yang siap mengabdi untuk masyarkat. Para kader dan segenap pemangku kepentingan pun diminta mampu membangun jejaring, termasuk menjalin kerjasama dengan lembaga sosial lain yang dipandang memiliki kemampuan dan mempunyai fokus perhatian yang sejalan dan mendukung program Dekranasda. Acara pelantikan diikuti oleh selururh jajaran Dekranasda Provinsi Bali, Kabupaten Kota , Dinas Perindustrain dan Perdagangan Provinsi Bali dan Kabupaten Kota se Bali.  (DN - HuM)

Berita Terkait

Breaking News 4407956762955148046

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item