Rekonstruksi Tari Legong Tombol Dipentaskan pada PKB Kabupaten Buleleng

Buleleng, Dewata News.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten (Disbudpar) Kabupaten Buleleng melakukan rekonstruksi ...


Disbudpar Buleleng Rekonstruksi Tari Legong Tombol

Buleleng, Dewata News.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten (Disbudpar) Kabupaten Buleleng melakukan rekonstruksi terhadap berbagai macam tarian di Bali Utara. Salah satu tarian yang direkonstruksi adalah Tari Legong Tombol.

Kasi Kesenian pada Bidang Kebudayaan Disbudpar Kabupaten Buleleng Wayan Sujana mengungkapkan, Tari Legong Tombol berkembang di Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar, Namun, setelah zaman kolonial Belanda sampai sekarang tidak pernah ditampilkan dan penarinya pun kini tinggal seorang, berusia lebih dari 80 tahun.

Untuk menghidupkan kembali Tari Legong Tombol ini, juga dihubungkan berdasar analisis akademik oleh seorang dosen ISI Denpasar, sebagai obyek penelitian meraih gelar doktor. Dimana disebutkan sejarah lahirnya Legong Tombol, diciptakan seorang guru dari Karangasem yang menetap di Desa Banyuatis.

Tari Legong Tombol yang ditarikan genap bisa 4 dan 6 orang, rencananya akan dipentaskan pada pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) Buleleng, Jumat (27/05) malam ini dipanggung terbuka Eks. Pelabuhan Buleleng. (DN ~ TiR).--

Berita Terkait

Seni Budaya 969300654551539374

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item