Jokowi: Selamat Hari Raya Waisak, Semoga Semua Makhluk Berbahagia

Magelang, Dewata News .com —  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat Hari Trisuci Waisak bagi seluruh umat Bud...


Magelang, Dewata News.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat Hari Trisuci Waisak bagi seluruh umat Buddha di Indonesia. Ucapan itu disampaikan Jokowi melalui akun Twitter pribadinya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap, cinta kasih yang tertuang dalam ajaran Buddha selalu terimplementasikan oleh masyarakat Indonesia.

"Selamat hari Trisuci Waisak untuk umat Buddha. Nafas ajaran Buddha adalah Metta, cinta kasih pada semuanya. Semoga semua makhluk berbahagia - Jkw," tulis Presiden Jokowi dalam akun @jokowi, Minggu (22/05).

Sementara itu  Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri Dharmasanti Waisak Nasional 2560 BE di Taman Lumbini Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (21/05) malam.

Puncak peringatan Waisak dihadiri ribuan umat Buddha dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara.Acara Dharmasanti yang mengangkat tema "Indahnya Kebersamaan dalam Dharma Buddha" itu sempat tertunda beberapa saat akibat hujan deras.

Jusuf Kalla dalam sambutannya menyampaikan bahwa cinta kasih dan persatuan antar umat beragama senantiasa harus dipupuk demi kemajuan bangsa Indonesia. Hal ini penting di saat dunia sedang mengalami berbagai masalah hingga konflik.

"Dunia dewasa ini banyak mengalami konflik, masalah ekonomi, dan masalah lainnya. Maka persatauan harus ditingkatkan. Apapun agamanya. Persatuan adalah tonggak penting dalam kemajuan bangsa," tuturnya.

Jusuf Kalla  mengatakan persatuan bangsa Indonesia sejatinya telah tercermin dari Candi Borobudur.
Candi ini merupakan tempat suci umat Buddha namun tetap diperlihara dengan baik oleh masyarakat dengan berbagai macam latar belakang dan agama.

"Kita berada di sini, di tengah masyarakat yang beragama, namun tetap memelihara Candi Borobudur dengan baik. Itulah Indonesia yang besar, yang saling menghormati," kata Jusuf Kalla.

Pada kesempatan itu, orang nomor dua di Indonesia itu juga menyampaikan rasa terimakasih kepada tokoh serta umat Buddha di Indonesia yang telah bertekad memajukan bangsa dengan persatuan dan cinta kasih.

"Saya berikan penghargaan tokoh dan masyarakat Buddhis yang hadir di sini dan di manapun berada, atas kerjasama, serta tekad untuk turut memajukan bangsa dengan persatuan dan cinta kasih," tuturnya.

Menurutnya, semua elemen masyarakat mempunyai peran yang sama untuk memberikan kemakmuran dan keadilan bangsa. Bangsa ini, katanya, membutuhkan sumbangan pikiran serta kerja keras di bidang apapun dari masyarakat.

Selain  Jusuf Kalla, tampak hadir pula Menteri Agama Lukman Hakim, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Yuddi Chrisnandy, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Umum Walubi Siti Hartati Murdaya, perwakilan negara-negara sahabat, dan ribuan umat Buddha dari berbagai daerah.

Dharmasanti dimeriahkan dengan sejumlah hiburan musik serta fragmen kisah Sidharta Gotama dari kelahiran hingga memperoleh pencerahan.
 
Acara ditutup dengan pelepasan lampion oleh Menteri Agama, Gubernur Jawa Tengah, Ketua Umum Walubi beserta ribuan umat Buddha dan masyarakat umum. (DN ~ Kompas.com).-



Berita Terkait

Kabar Nasional 8077148242964320239

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item