Gubernur Pastika Minta Lulusan SMANBARA Tingkatkan Kualitas

Dewata News. Com -  Dalam memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun ini, tiap orang dituntut untuk mampu berkompetisi, tak terk...


Dewata News. Com - Dalam memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun ini, tiap orang dituntut untuk mampu berkompetisi, tak terkecuali para lulusan dari SMA Bali Mandara , yang merupakan sekolah binaan Pemprov Bali yang khusus menampung para siswa dari keluarga kurang mampu. Untuk bisa bersaing dalam kompetisi yang semakin ketat diperlukan peningkatan kualitas dan pengembangan diri setiap orang. Demikian disampaikan oleh Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, dalam sambutannya pada acara kelulusan (graduation) siswa SMA Negeri Bali Mandara Tahun Pelajaran 2015/2016, di Kubutambahan, Buleleng, (23/05). 

Dengan fasilitas yang semakin lengkap di sekolah  tersebut sudah seharusnya dibarengi pula mutu siswa dan guru yang semakin baik, bukan malah menurun. “Kalian dibiayai oleh uang negara, fasilitas yang kalian nikmati di sini dibayar oleh rakyat, maka sudah seharusnya kalian belajar lebih keras lagi menimba ilmu dan harus menjadi orang yang berguna bagi bangsa ini, jangan malahan sampai terlena,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Pastika yang sekaligus penggagas sekolah ini mengapresiasi prestasi para siswa yang telah diraih selama ini, baik tingkat lokal dan nasional bahkan internasional. Dia berharap prestasi serupa bisa diraih juga oleh SMK Bali Mandara yang baru dibuka tahun lalu. Harapan terbesarnya untuk sekolah yang telah meluluskan siswanya secara 100% ini agar adalah agar tetap mendidik para siswa dengan pendidikan karakter, hingga ke depan tercetak pemimpin masa depan yang paripurna dan berkarakter. 


“Percuma kalian lulus jika hasilnya dengan mencontek, maka pertahankan terus kejujuran kalian di masa depan serta jaga selalu nama almamater dimanapun berada karena selamanya nama SMA Bali Mandara akan melekat di diri kalian,” pesannya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMA Bali Mandara, Drs. I Nyoman Darta menyampaikan bahwa kualitas lulusan tahun ini tidak kalah dengan tahun sebelumnya. Hal itu bisa dilihat dari capain para siswa tahun ini yang antara lainnya memperoleh peringkat rata-rata NEM IPA di tingkat provinsi, bahkan salah satu siswa Kadek Sanjaya berhasil memperoleh nilai NEM tertinggi program IPS dengan jumlah NEM 524. 

“Hasil ujian para siswa, kami jamin diraih dengan jujur, karena kejujuran adalah nilai yang paling kami tekankan selama ini,” imbuhnya. 

Sementara ditambahkannya untuk tahun ini, sekolahnya meluluskan 80 anak didik, yang terdiri dari 74 kelas XII, 6 siswa kelas XI melalui program percepatan dan 1 orang menempuh sekolah selama 4 tahun dikarenakan mengikuti program pertukaran pelajar selama setahun di Amerika. Rata-rata mereka sudah diterima di PTN favorit seperti ITB, UGM, Udayana dan UNDIKSHA ataupun PTS di Bali seperti Universitas Warmadewa dan STIKOM, bahkan ada yang mendapatkan beasiswa hingga ke India di University of Banglore jurusan Management. 

Tak lupa dalam kesempatan itu, Darta juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung sekolah ini, terutama bagi orang tua siswa yang telah mempercayakan anak-anaknya kepadanya dan segenap guru di sini. Dia juga berpesan agar para siswa tidak berhenti sampai di sini dalam mencari ilmu, karena ilmu yang sesungguhnya baru saja dimulai. 

“Saya harap kalian anak-anakku tetap meningkatkan kualitas dan daya saing kalian, selalu ingat pesan kami untuk menjadi pemimpin yang berkarakter, mampu mengubah ekonomi keluarga dan berguna bagi masyarakat sekitar,” pungkasnya.

Acara pada pagi itu juga diisi dengan penyampaian pesan dan kesan yang disampaikan oleh salah satu lulusan Ketut Rai Asmara Dipta. Dipta sangat beruntung bisa mengenyam pendidikan di sini karena dulu dia terancam putus sekolah disebabkan terbentur masalah biaya. Di sekolah ini juga dia belajar banyak mengenai kepemimpinan dan toleransi dengan teman yang datang dari berbagai latar belakang. Ke depan dia berharap adik-adik kelasnya mampu berprestasi yang sama atau bahkan melebihi raihan angkatannya. Secara khusus dia juga berterima kasih kepada Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, berkat sekolah ini dia bisa menatap masa depan dengan lebih cerah.

Hadir pula dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Buleleng, I Nyoman Sutjidra, Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Bali, Kepala SKPD lingkungan prov Bali, Camat Kubutambahan, Kapolsek Kubutambahan, Kepala Desa Kubutambahan serta para orang tua siswa lulusan tahun pelajaran 2015/2016. (DN - HuM)

Berita Terkait

Breaking News 3170113931477647777

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item