Biaya Pengamanan Pilkada Buleleng Capai Rp 14,8 miliar

Ilustrasi Pengamanan Buleleng, Dewata News.com — Miliaran rupiah dikucurkan untuk pengamanan jadwal pemilihan kepala daerah (Pilkad...

Ilustrasi Pengamanan

Buleleng, Dewata News.comMiliaran rupiah dikucurkan untuk pengamanan jadwal pemilihan kepala daerah (Pilkada) di kabupaten Buleleng, Bali pada tahun 2017 mendatang. Bahkan kepolisian dibekali anggaran sebanyak Rp14,8 miliar untuk mengamankan satu putaran Pilkada Buleleng nanti.

Setelah tahapan penyusunan program dan anggaran tuntas, 27 April 2016 lalu, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Buleleng saat ini tengah menyiapkan pelaksanaan kegiatan pembentukan PPK, PPS, dan KPPS untuk Pilkada, tanggal 23 Juni 2016.

Sementara Polres Buleleng yang mempunyai tugas pengamanan melakukan pengawasan dan deteksi dini di semua wilayah, terutama terhadap desa-desa yang dikhawatirkan rawan konflik.

Kabag Ops Polres Buleleng, Kompol Ketut Gelgel mengatakan, menjelang pelaksanaan tahapan Pilkada Buleleng 2017 nanti, seluruh jajarannya mulai mengambil persiapan. ”Polres Buleleng telah menyiapkan 600 personel untuk mengamankan seluruh tahapan Pilkada itu. Sebanyak 600 personel ini akan mengamankan 27 tahapan Pilkada dalam sekali putaran,” kata Kabag Ops Kompol Ketut Gelgel di Singaraja, beberapa waktu lalu.

Seijin Kapolres Buleleng AKBP Made Sukawijaya, Kabag Ops Kompol Ketut Gelgel mengungkapkan, keterlibatan personel ini disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Jika situasinya darurat, Polres akan mendatangkan pasukan perbantuan dari Polda Bali dan Polres terdekat dengan Buleleng. ”Sebagaimana rencana kegiatan kami, pasukan tetap disiagakan sampai Pilkada berakhir,” ujar Kompol Gelgel. 

Ia mengakui, pengamanan Pilkada Buleleng membutuhkan pendanaan yang tak kecil. Sesuai dengan persetujuan pemerintah, pengamanan dana Pilkada Buleleng 2017 mencapai Rp14,8 miliar. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk akomodasi dan keperluan sarana dan prasarana, termasuk mobilisasi kendaraan pengamanan.

”Dana sebesar itu, termasuk biaya latihan pra operasi, gelar pasukan, dan cipta kondisi selama pelaksanaan Pilkada Buleleng,” imbuhnya. (DN ~ TiR).—

TAHAPAN UNTUK PILKADA BULELENG 2017
27 April 2016         : Tahap Penyusunan Program dan Anggaran
23 Juni 2016           :  Pembentukan PPK, PPS, dan KPPS untuk Pilkada
10 Agustus 2016    :  Penerimaan Data Penduduk Potensial Pemili Pemilu (DP4)
14 Agustus 2016    :  Pendaftaran Balon Bupati-Wakil Bupati Jalur Perseorangan
1 Oktober 2016       :  Pendaftaran Balon Bupati-Wakil Bupati dari Parpol/Koalisi Parpol
31 Oktober 2016     :  Penetapan Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Buleleng
3 November 2016   :  Kampanye Pilkada dimulai
15 Februari 2017    :  Coblosan Pilkada Buleleng

Berita Terkait

Breaking News 2286127919199982546

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item