Banyuwangi Underwater Festival Undang Para Diver

MENPAR Arief Yahya mengundang para penghobi menyelam dari mana saja, untuk menyaksikan keindahan bawah laut Ban...


MENPAR Arief Yahya mengundang para penghobi menyelam dari mana saja, untuk menyaksikan keindahan bawah laut Banyuwangi. Persisnya tanggal 21-22 Mei 2016.

"Anda punya sertifi kat menyelam? Hobi fotografi  bawah laut? Ada objek menarik di Banyuwangi, silakan hadir,” kata Menpar Arief Yahya.

Ada dua kegiatan yang digagas oleh Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. Yang pertama, ada Banyuwangi Underwater Festival yang siap menyapa. Event ini akan digelar di Pantai Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. Satunya lagi, pemecahan rekor MURI dengan menyelam selama 28 jam.

“Event ini adalah edukasi bagi publik. Akan kami tunjukkan bagaimana masyarakat di Pantai Bangsring melakukan konservasi, berinisiatif menanam dan melestarikan terumbu karang di sana, hingga bagaimana ide cemerlang mereka kini bisa menjadi sebuah destinasi wisata baru,” terang Bupati Banyuwangi, Azwar Anas, Kamis (19/05).

Dia sangat mengapresiasi dukungan nelayan Banyuwangi untuk menyukseskan event ini. Maklum, di Banyuwangi Underwater Festival 2016, sebanyak 56 nelayan Desa Bangsring sudah berkomitmen untuk memecahkan rekor MURI Ekspedisi Bawah Laut, dengan menyelam selama 28 jam.

Soal ini, Humas Bangsring Underwater, Shandi Sumarsono, ikut buka suara. Menurutnya, penyelaman akan dilakukan di wilayah perairan Bangsring sejak 21 Mei dan akan berakhir pada 22 Mei. “Para nelayan sudah melakukan latihan selama satu bulan agar bisa beradaptasi dengan alat selam profesional,” jelas Shandi.

Masyarakat umum pun bisa ikut terlibat di dalamnya. Syaratnya, harus memiliki sertifi kat menyelam. Bila ada sertifi kat menyelam, masyarakat umum bisa dilibatkan sebagai penyelam pendamping.

Jadi saat para nelayan menyelam, mereka akan melakukan monitoring pergerakan di bawah laut, seperti jenis ikan yang ada, arus serta terumbu karang yang ditemukan dan nantinya akan dilaporkan ke darat.

Laporan ini akan dijadikan data bagaimana kondisi underwater di perairan Bangsring yang menjadi tempat konservasi,” tambahnya. Dan, untuk lebih memberikan warna, di festival ini juga akan diadakan upacara pengibaran bendera bawah laut. “Akan ada juga penanaman 1.000 terumbu karang yang melibatkan ratusan siswa untuk mengikuti Marine Education dan gerakan makan ikan,” urai Shandi.

Lagi-lagi Menpar Arief Yahya menambahkan, Banyuwangi punya calendar event yang sangat bagus dan sustainable. Mereka sudah bisa membuat calendar event sejak awal tahun, dan dipublikasikan. “CEO commitment sangat menentukan suatu daerah maju atau tidak! Kita lihat, belum habis memori orang untuk menikmati International Tour de Banyuwangi Ijen 2016, sudah disusul dengan Underwater Festival 2016 ini,” pungkasnya. (DN ~ PB-ari)

Berita Terkait

Pariwisata 3835242900485761948

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item