Gong Kebyar Anak-Anak Lokapaksa Jawara Utsawa Merdangga Gong Kebyar - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/8/15

Gong Kebyar Anak-Anak Lokapaksa Jawara Utsawa Merdangga Gong Kebyar


                 Utsawa Merdangga Gong Kebyar Anak-Anak Kabupaten Buleleng Tahun 2015
Buleleng, Dewata News.com — Ajang Utsawa Merdangga Gong Kebyar Anak-Anak Kabupaten Buleleng Tahun 2015, Sabtu (07/11) malam berakhir di panggung terbuka pelataran eks Pelabuhan Buleleng. 

     Sebagai penutup agenda malam itu, ditampilkan Sekeha Gong Kebyar Anak-anak Gema Rare Mekar, Desa Adat Pakraman Sumberkima, Kecamatan Gerokgak dengan Sekeha Gong Kebyar Anak-anak Giri Kumara, Desa Adat Pakraman Bontihing, Kecamatan Kubutambahan sebagai pendamping, masih tetap mendapat apresiasi masyarakat penonton memenuhi hampir pelataran eks. Pelabuhan Buleleng.         
                         Sanggar Darma Sentana, Desa/Kecamatan Banjar sebagai juara II  
      meraih Adi Karya Nugraha Utsawa Merdangga Gong kebyar Anak-Anak Kabupaten Buleleng
    Dari ajang Utsawa Merdangga Gong Kebyar Anak-Anak se-Buleleng 2015 ini, tim penilai menetapkan Sekeha Gong Kebyar Anak-anak Langen Kerthi Budaya, Desa Adat Pakraman Lokapaksa, Kecamatan Seririt sebagai Jawara Utama dengan meraih Maha Nugraha.
  
    Sementara Sekeha Gong Kebyar Anak-Anak Dharma Sentana, Desa Banjar, Kecamatan Banjar sebagai Juara II meraih Adikara Nugraha dan Juara III diraih Sekeha Gong Kebyar Anak-Anak Bala Talawung, Desa Adat Pakraman Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng meraih Adika Nuguraha. Sedangkan sebagai Juara Harapan I diraih  Sekeha Gong Kebyar Anak-Anak Taruna Jaya, Desa Adat Pakraman Jagaraga, Kecamatan Sawan dengan memborong anugerah Adi Nugraha.
Penghargaan Seni Wija Kusuma
    Mengawali acara penutupan Utsawa Merdangga Gong Kebyar Anak-Anak malam itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Buleleng Gede Suyasa memberikan penghargaan anugerah tertinggi seni dan budaya kepada 3 orang seniman sesuai bidang seni masing-masing, berupa PIN Wija Kusuma.
                 .
    Kadisbudpar Buleleng Gede Suyasa menyampaikan selamat kepada seniman Made Wirtana

    Tiga seniman yang berjasa dalam bidangnya mendapat penghargaan seni Wija Kusuma malam itu, yakni I Made Wirtana - seniman sastra daerah dari Banjar Paketan, Kecamatan Buleleng, I Made Redita -   seniman gong kebyar (seni karawitan) dari Desa Menyali, Kecamatan Sawan serta I Ketut Samba Cerita( almarhum) seniman wayang wong dari Tejakula.

    “Anugerah seni Wija Kusuma yang diberikan sebagai penghargaan tertinggi dari pemerintah untuk memberikan motivasi dan membangkitkan semangat para seniman untuk berkarya lagi dan mampu menunjukan kemampuannya dalam pengembangan seni dan budaya di Buleleng,” kata Kadisbudpar Gede Suyasa.

    Ia mengungkapkan, anugerah seni Wija Kusuma tahun 2015 yang diterima tiga seniman Buleleng yang mengembangkan dan menekuni seni budaya itu dilakukan melalui sejumlah penilaian dengan melihat sejumlah kereteria secara umum dan khusus serta mampu memberikan dampak bagi pengembangan seni budaya di Bali Utara.

    Menyinggung penyelenggaraan Utsawa Merdangga Gong Kebyar Anak-Anak Kabupaten Buleleng 2015, menurut Gede Suyasa, akan menjadi evaluasi untuk melakukan pembenahan dan memberikan kesempatan kepada warfa untuk menyaksikan lebih nyaman lagi. Pasalnya, panggung terbuka di pelataran eks Pelabuhan Buleleng ini sudah tidak nyaman lagi mengingat sangat-sangat antusiasnya masyarakat untuk menyaksikan selama lima hari digelar Utsawa Merdangga Gong Kebyar Anak-Anak Buleleng ini senantiasa membludak. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com